Pelaku Pariwisata Komponen Penggerak Pariwisata di Kota Pariaman




 
Efendi Jamal Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman (Fhoto : Humas Kota Pariaman )

Pelaku usaha pariwisata merupakan bagian penting dalam komponen pengerak pariwisata Kota Pariaman. Sehinga para pelaku jasa pariwisata merupakan orang yang akan membuat kesan dan citra yang ditangkap para wisatawan akan selalu positif, sehingga mereka akan selalu berkeinginan datang kembali ke daerah kita.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman Effendi  Jamal dalam acara pembinanan pelaku usaha jasa pariwisata tahun 2016 yang diselenggarakan di gedung pertemuan Baitullah Kota Pariaman beberapa waktu lalu

Menurut Effendi Jamal, dalam beberapa tahun terakhir terus ada peningkatan dalam jumlah kunjungan wisata ke kota Pariaman. Pada tahun 2015 jumlah kunjungan wisata meningkat pesat menjadi 2 juta maningkat 100% dari tahun 2009 yang hanya 609.699, dan telah memberikan dampak positif pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran.

“ Kita perlu menyadari perkembangan pariwisata sangat rentan terhadap berbagai peristiwa dan kondisi di luar sektor kepariwisataan. Untuk itu diperlukan standar dan jaminan yang tidak dapat dikompromikan agar para wisatawan memperoleh sesuatu yang sepantasnya mereka dapatkan atas uang yang telah mereka keluarkan, “ucap Kadis Pariwisata.

Untuk itu, katanya, melalui sosialisasi dan aturan-aturan serta standar yang telah dibuat pemerintah, diharapkan masyarakat para pelaku jasa pariwisata, baik para pedagang, pemilik boat dan pemilik homestay benar-benar dapat mengerti dan memahaminnya, karena aturan yang dibuat oleh Pemko Pariaman bertujuan untuk saling menguntungkan, dan selalu bersama-sama menjalankannya. Diharapkan bersama para pelaku jasa pariwisata ini dapat tertata dengan tertib dan rapi, sehingga tujuan yang kita harapkan bersama untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai Destinasi pariwisata baru di Pesisir Sumatera bahkan Indonesia dapat terwujud.

Sementara itu Kabid Destinasi Saldin mengatakan acara sosialisasi ini diadakan selam dua hari mulai. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 20 pengelola rumah makan dan restoran  dan 20 pemilik hotel dan homestay. Untuk narasumber acara ini menghadirkan narasumber dari APB, PHRI, ASITA dan Disbudpar Kota Pariaman. Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Disbudpar Jafreki, seluruh Kabid dan Kasi di Disbudpar Kota Pariaman.

Sumber : Humas Kota Pariaman

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.