Mengejutkan Ternyata Belum Semua Pemerintah Daerah Tahu e-formasi -->

Mengejutkan Ternyata Belum Semua Pemerintah Daerah Tahu e-formasi

Selasa, 12 April 2016, 15.16.00


Aparatur Sipil Negara (ASN). Ternyata Belum Semua Pemerintah Tahu e-formasi (Fhoto : Internet )

Jakarta, BANGUNPIAMAN.COM--Mengejutkan. Ternyata tidak semua jajaran pemerintah daerah tahu soal e-formasi, suatu sistem elektronik terkait perencanaan pegawai.  Padahal, aplikasi e-formasi sudah diterapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sejak 2014 lalu.

Seluruh instansi pemerintah yang mengajukan permohonan tambahan formasi CPNS tidak lagi menggunakan cara manual, datang ke KemenPAN-RB, tetapi melalui e-formasi tersebut. ‎

Hingga saat ini, masih ada 91 pemerintah daerah pengisian e-formasinya di bawah 50 persen. Salah satu kendalanya, admin yang mengoperasikan e-formasi belum terampil menggunakan sistem informasi tersebut.

“Kami sangat terbuka jika admin perlu pelatihan. Silakan datang ke sini,” ujar Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsatmadja, Minggu lalu.‎

Problem lain yang terungkap, adanya ketidakjelasan penanggungjawab di daerah. Selain itu, SDM terlalu cepat dimutasi juga menjadi kendala karena tidak ada pegawai yang memegang password sebelumnya. Dalam hal ini, KemenPAN-RB menyarankan agar mengganti admin, dan memberikan password baru.

Masalah lain, banyak pemda yang kebingungan dalam menginput nama jabatan, karena nama jabatan pada KemenPAN-RB berbeda dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya, jabatan fungsional umum dipadatkan menjadi 2.620. 

sumber :  jpnn

TerPopuler