BPMPKB Gelar Workshop Pendampingan Penyusunan RPJM dan RKP Nagari Tahun 2016

BPMPKB Gelar Workshop Pendampingan Penyusunan RPJM dan RKP Nagari Tahun 2016

Sabtu, 24 September 2016, 17.23.00
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Beban berat pembangunan telah dipikul oleh Pemerintahan Nagari seiring disalurkannya Alokasi Dana Desa dan Dana Desa/Nagari ke Nagari. Seiring dengan itu juga, Pemerintah Nagari harus mempercepat penguasaannya terhadap Administrasi Keuangan Nagari.

Beberapa kali, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah melaksanakan diklat pengelolaan keuangan nagari bagi aparatur nagari yang diikuti Wali Nagari, Sekretaris Nagari dan Bendahara Nagari se Kabupaten Padang Pariaman.

Kali ini, dalam rangka melakukan penguatan kemampuan apartur nagari dalam menyusun rencana pembangunan, BPMPKB menyelenggarakan Workshop Pendampingan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Rencana Kerja Pemerintah Nagari, Selasa lalu, di Gedung Pertemuan Baitullah Kota Pariaman.

Peserta Workshop terdiri dari aparatur BPMPKB Kab. Padang Pariaman, Tenaga Ahli Pendamping Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa se Kabupaten Padang Pariaman.

Sekretaris BPMPKB, Dra. Elfi Delita, M.Farm, Apt mewakili Kepala BPMKB mengatakan, tujuan workshop diadakan dalam rangka meningkatkan kapasitas Tenaga Pendamping Desa dalam melakukan pendampingan terkait penyusunan RPJM dan RKP Nagari.

Lebih jauh mantan Sekretaris Dinas Kesehatan itu mengatakan bahwa Tenaga Pendamping Desa dalam melakukan pendampingan harus lebih menguasai materi sehingga diharapkan Tenaga Pendamping selalu giat menambah wawasan melalui berbagai media. Salah satunya dengan menguasai Permendagri 114 tahun 2014 yang mengatur tentang Perencanaan Pembangunan Desa.

Materi lainnya yang diberikan adalah Pokok-Pokok Kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa, Teknis Penyusunan RKP Nagari dan terakhir dilakukan On Job Training tentang Penyusunan RPK Nagari. Peserta dibagi ke dalam 4 kelompok dan masing-masing kelompok diminta untuk malakukan langkah-langkah pengisian Format Penyusunan RKP mulai dari Format F1 sampai F7 dan terakhir satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok.

Dilaporkan oleh Yen Hendri, TKIP BPMPKB


TerPopuler