Rang Rantau Pulanglah, Tabuik Piaman Dihoyak 16 Oktober 2016.

Rang Rantau Pulanglah, Tabuik Piaman Dihoyak 16 Oktober 2016.

Jumat, 16 September 2016, 18.53.00
Sumber Fhoto Google
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM —  Berbagai perayaan seperti Tabliqh Akbar dan zikir bersama, Tampilan kesenian dan Budaya serta rangkaian ritual pembuatan Tabuik akan ditampilkan dalam acara Puncak Hoyak Tabuik Piaman 2016.

Acara Pesona Hoyak Tabuik Piaman yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Pariaman, bekerjasama dengan Masyarakat Kota Pariaman ini, rencana akan digelar dari tanggal 2 – 16 Oktober 2016 bertempat di Lapangan Merdeka, Rumah Tabuik Subarang dan Rumah Tabuik Pasa serta Acara Puncaknya akan dilaksanakan di Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

Menurut Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar,  Acara ini merupakan kalender tahunan yang biasanya dilaksanakan setiap tahunnya berdasarkan Kalender Hijriah, pada 1-10 Muharram ini. “Untuk tahun ini, akan digelar selama 14 hari, yakni tanggal 2 – 16 Oktober 2016, dimana acara Puncaknya akan dilaksanakan hari Minggu (16/10).”

Adapun acara yang akan diadakan mulai tanggal 2 Oktober 2016 (1 Muharram 1438H) tersebut, yakni diawali dengan pawai 1 Muharram yang dimulai dari halaman Balaikota Pariaman, dilanjutkan dengan Ritual Maambiak Tanah yang bertempat di Pauh Galombang.

“Selama 16 hari tersebut juga akan berlangsung berbagai ritual-ritual tabuik” tukasnya lagi.

Ritual Tabuik ini yakni Ritual Maambiak Tanah/Manabang Batang Pisang (6/10), Maradai (7/10), Ritual Maatam dan Maarak jari-jari (8/10), Maarak Sorban (9/10), dan terakhir acara puncak ritual Tabuik Naiak Pangkek (16/10).

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pariaman Efendi Jamal, Selama 14 hari tersebut, Pemerintah Kota Pariaman juga mengadakan berbagai Lomba yang kesemuanya diadakan di Lapangan Merdeka.

“Acara-acara Lomba ini dimulai dengan Lomba Pagelaran seni Tk. SMA/SMK se-Kota Pariaman, Lomba Menyanyi Dangdut dan Melayu, Lomba Tari Indang Tk. SD se-Kota Pariaman,” katanya

Tidak hanya lomba-lomba saja, segala bentuk pagelaran seni dari Sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Pariaman serta Pagelaran seni dari seluruh Kota se-Sumatera Barat juga akan digelar.

Acara ini rencananya akan dihadiri oleh Duta Besar Iran, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Gubernur Sumatera Barat, serta seluruh Walikota dan bupati se-Sumatera Barat. (wis/humas)

TerPopuler