Mukhlis Rahman : Tabuik Piaman Tetap Digelar Setiap Tahunnya

Mukhlis Rahman : Tabuik Piaman Tetap Digelar Setiap Tahunnya

Senin, 17 Oktober 2016, 10.23.00
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Mendukung Pesta Budaya Tabuik Untuk Menunjang Pariwisata Pariaman.

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Hujan yang tidak henti-hentinya semenjak Minggu (16/10) pagi membuat tertundanya proses tabuik naik pangkek. Namun demikian prosesi tabuik tetap berjalan lancar, hingga dibuang kelaut.

Hingga menjelang sore, nampak ribuan masyarakat yang berdatangan dari berbagai daerah memadati kota Pariaman, untuk menyaksikan pesta budaya anak nagari yang digelar setahun sekali itu.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyatakan bahwa, Tabuik Pariaman merupakan iven terbesar yang diadakan Pemko Pariaman. Iven ini yang paling banyak mendatangkan pengunjung ke kota Pariaman. Sehingga perputaran uang di Pariaman selama prosesi Tabuik sejak 1Muharam hingga tabuik dibuang ke laut tidak kurang dari Rp7 miliar." Untuk itu Pemerintah Kota Pariaman terus menggelar pesta budaya tabuik ini setiap tahunnya," kata Mukhlis.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan pemerintah provinsi sangat mendukung berbagai upaya Kota Pariaman dalam mengembangkan sektor pariwisata. " Saya berharap even Pesta Budaya Tabuik  terus dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai upaya nyata dalam mendukung pariwisata daerah.Pesta Budaya Tabuik layak dijadikan sebagai agenda pariwisata berskala nasional karena mampu menarik para wisatawan baik dari dalam maupun negeri,"ucap Gubernur.

Duta Besar Republik Indonesia untuk negara Iran, Octavino Alimudin yang berkesempatan hadir pada kesempatan tersebut menyebutkan,pesta Budaya Tabuik yang sudah berlangsung sejak 1820 silam,  hingga saat ini masih bertahan dalam menunjang sektor pariwisata. "Saya berharap kedepan penyelenggaraan Pesta Budaya Tabuik mampu mendatangkan kurang lebih 2000 wisatawan asal negara Iran," katanya.

(BPC/REL)





TerPopuler