Inilah 15 Tempat Wisata di Padang Pariaman dan Kota Pariaman,Yang Wajib Untuk Dikunjungi



Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman banyak memiliki tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Jika anda sudah sampai di Piaman Laweh, maka berikut ini adalah tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi

1. Pantai Gandoriah

Pantai yang satu ini merupakan salah satu icon wisata di Pariaman. Tak lengkap rasanya ke Pariaman jika tak singgah ke pantai nan cantik dengan pemandangan hamparan laut biru dan pulau-pulau kecil dihadapannya.

Keberadaan pantai ini yang terletak di pusat kota, panorama nya yang indah, dan konturnya yang landai membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu objek wisata yang populer di Sumatera Barat.

Dari kota Padang, pantai ini hanya berjarak 55 kilometer dengan waktu tempuh sekitar sejam setengah.

Ongkos dari Padang ke Pariaman hanya berkisar Rp20.000. Setibanya di pantai ini, Anda akan melihat kondisi pantai yang cukup ramai apalagi pada sore hari.

Untuk tiket masuk ke pantai ini, Anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan sepedar motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Setelah menginjakkan kaki di pantai yang landai ini, terlihat indah pesona gugusan 6 pulau kecil yang terlihat bagaikan menghias cakrawala.

Pulau-pulau cantik tersebut adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando.

Menikmati sunset di pantai ini adalah sensasi yang begitu indah. Jadi sebaiknya Anda berkunjung ke Pantai ini saat sore hari.

Untuk fasilitas di pantai ini terbilang cukup lengkap. Terdapat banyak penjual makanan yang menjual makanan yang lezat dan menyediakan bangku-bangku sebagai tempat Anda bersantai di pantai ini.

Fasilitas lainnya yang dapat Anda nikmati di pantai ini adalah berbagai jasa penyewaan peralatan water sport yang biasanya ramai pada saat weekend.

Selain kondisi pantai yang indah, pada setiaap tanggal 10 muharram pantai ini juga menjadi salah satu tempat festival adat yang sangat menarik untuk dilihat.

Festival tersebut adalah festival pelepasan tabuik yang rutin digelar dan merupakan pesona budaya kota Pariaman.

Tips untuk Anda yang mengunjungi pantai ini adalah ketika Anda ingin makan di tempat ini sebaiknya Anda tanya terlebih dahulu harga makanannya.

Berdasarkan pengalaman harga makanan di pantai ini terbilang cukup mahal. Jadi, lebih baik menyiapkan bekal sendiri sebelum sampai di pantai ini.

2. Pantai Kata

Pantai Kata bisa dibilang salah satu tempat terindah yang terletak di perbatasan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Sesampai di pantai ini Anda akan disambut hamparan pemandangan indah dengan deburan ombak yang menggulung membuat nyaman mata siapa saja yang memandangnya.

Kata merupakan singaktan dari dua desa yang menjadi lokasi Pantai ini yaitu nagari Karan Aur dan nagari Taluik. Dari pusat kota Pariaman Anda harus melewati jalan sejauh 5 kilometer untuk tiba di pantai ini, bisa menggunakan angkot dengan tarif Rp3.000,- dan ojek sekitar Rp7.000,-.

Di pantai ini suasana masih sangat alami, fasilitas yang tersedia pun seadanya. Sangat jarang ada penjual makanan. Namun, pantai ini sangat cocok buat Anda yang ingin menikmati suasana indah dan pemandangan sunset yang luar biasa.

3. Pantai Cermin

Tak jauh dari pantai Kata, terdapat satu lagi pantai yang sangat indah dengan perpaduan hamparan pasir keabu-abuan, pepohonan pinus dan gulungan ombak yang sangat memanjakan mata.

Mengunjungi pantai ini sangat tepat dilakukan di sore hari, karena dari tempat ini Anda dapat merasakan suasana romantis berupa pemandangan sunset yang luar biasa.

4. Pantai Belibis
Satu lagi pesona indah yang terletak tak jauh dari pusat kota Pariaman. Lokasi tepatnya di daerah Naras 2 Pariaman Utara, pantai ini mempunyai sebuah telaga atau orang setempat biasa menyebutnya Talao.

Pemandangan indah dengan pasir pantai yang landai serta laut yang berombak membuat pantai ini sangat ramai dikunjungi. Keindahan sunsetnya membuat senja di tempat ini terasa begitu indah. Apalagi tidak dikenakan biaya apapun (gratis) untuk masuk ke lokasi pantai ini.

5. Pulau Angso Duo

lokasi pulau ini adalah di seberang pantai Gandoriah dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Cukup dengan Rp40.000, Anda dapat menyeberang ke pulau yang cantik dan eksotis ini. Pantai di pulau ini landai dan berpasir putih dengan ombak yang sangat tenang.

Menikmati pulau ini tak lengkap rasanya jika tidak melakukan snorkeling menikmati indahnya terumbu karang jenis arcopora dan biota laut seperti teripang.

Berkeliling pulau ini merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Anda akan menemukan rute perjalanan yang begitu mengasyikan menjelajahi secara keseluruhan pulau mungil ini. Benar-benar indah dan menakjubkan.

6. Warung Sate Ajo khas Pariaman

Sate Pariaman adalah satu dari tiga sate khas Sumatera Barat yang wajib Anda cicipi. Sate khas Pariaman memiliki kuah yang sedikit kemerahan dengan citarasa pedas yang khas.

Menikmati kuliner satu ini dapat menjadi pilihan wisata kuliner Anda di kota Pariaman. Selain enak, harganya pun pas dikantong.


7. Air Terjun Nyarai

Bicara traveling tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas air terjun. Rasanya objek wisata yang satu ini mempunyai daya pikat tersendiri.

Salah satu air terjun terindah ada di Pariaman, tepatnya di Kab. Padang Pariaman. Air Terjun Nyarai terletak di Hutang Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera barat.

Dari Kota Pariaman berjarak 31 kilometer melewati jalan Nan Sabaris - Lubuk Alung. Waktu tempuh sekitar 50 menit dengan kondisi jalan cukup baik.  Tak mudah memang menuju ke lokasi air terjun ini. Karena sesampainya di posko pendaftaran menuju air terjun selanjutnya Anda harus berjalan melewati hutan dan sungai selama kurang lebih 2 sampai 3 jam.

Setiba di lokasi air terjun rasa lelah pun hilang. Kondisi air terjun yang begitu alami dan dikelilingi pepohonan rindang membuat hati terasa menjadi sejuk.

Kalau di lokasi air terjun yang secantik ini sayang rasanya tak menceburkan diri. Apalagi terdapat kolam alami yang membuat Anda betah berenang di tempat ini.

Bagi anda para petualang sejati air terjun ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata Anda di  Pariaman. Jangan lupa persiapan yang matang perjalanan trekking Anda menuju air terjun ini.

8. Air Terjun Baburai

Satu lagi air terjun cantik yang terdapat tak jauh dari kota Pariaman. Tepatnya Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kec V Koto Kp Dalam, Kabupaten Padang Pariaman.

Air terjun ini sangat indah dengan kondisi alam yang masih terjaga keindahan dan keasriannya. Air terjun ini hanya berjarak 20 kilometer dari kota Pariaman. Karena itu air terjun nan cantik ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan.

9. Anai Resort

Bicara perjalanan wisata tak lengkap rasanya jika kita tidak berbicara tempat menginap. Anai Resort merupakan salah satu pilihan yang tepat menjadi tempat menginap Anda di Kabupaten Padang Pariaman.

Anai Resort terletak di daerah Malibo Anai, Kab. Padang Pariaman. Salah satu tempat yang tepat untuk menikmati alam pegunungan yang sangat asri dan sejuk.

Resort yang memiliki konsep tempat rekreasi ini memberikan fasilitas wisata seperti wisata Puncak Anai dengan tiket Rp. 10.000,-/org dan camping ground dengan biaya Rp25.000,-.

Selain fasilitas dan akomodasi yang luar biasa kita dapatkan. Menginap di tempat ini Anda juga akan melihat view alam yang luar biasa.

10. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak merupakan salah satu pulau yang berada di seberang pantai Gandoriah. Pulau ini terbilang yang paling jauh jaraknya. Untuk ketempat ini Anda dapat naik boat dengan membayar sebesar Rp70.000,- dengan waktu tempuh sekitar 30 menitan.

Diantara pulau lain yang berada di dekat pantai Gandoriah, pulau ini terbilang cukup eksotis. Pasirnya yang putih kecoklatan dan alam bawah laut luar biasa membuat pulau ini menjadi syurga yang tepat untuk Anda menikmati liburan.

11. Pulau Ujung

Pulau tak berpenghuni ini memiliki panorama yang sangat indah. Perpaduan laut biru, pasir putih dan nyiur melambai membuat pantai ini menjadi salah satu tempat yang wajib Anda seberangi jika ke Pantai Gandoriah.

12. Pulau Tangah

Pulau ini juga berlokasi berdekatan dengan pantai Gandoriah. Keindahannya membuat Anda akan terpesona berada di tempat ini.

13. Pulau Bando

Pulau ini juga tak kalah indahnya dengan pulau lainnya yang ada di Sumatera Barat. Pulau tak berpenghuni ini memiliki pantai berpasir putih, alam bawah laut yang indah dan hamparan pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Dari pulau ini Anda akan menikmati indahnya sunset di sore hari dan bisa melakukan camping yang mengasyikkan di pulau ini.

Keindahan alam Indonesia memang tak ada habisnya. Kota Pariaman dan Kab. Padang Pariaman merupakan bukti keindahan nyata karya tuhan yang wajib kita syukuri. Semoga objek wisata nan indah tersebut tetap terjaga keindahannya dan keasriannya.






14. Pemandian Tirta Alami Malibo Anai

Pemandian ini berada dalam kawasan Andai Resort. Objek wisata yang satu ini sangat ramai dikunjungi di akhir pekan.

Pemandian ini tersa sangat sejuk dan airnya sangat jernih. Pemandian ini adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk melepas penat dan lelah dengan keindahan alam yang luar biasa.




15. Panorama Puncak Kiambang
Puncak Kiambang adalah surga dengan hamparan pemandangan yang begitu indah. Bak lukisan, Gunung, sawah dan pepohonan rindang berpadu memberikan suasana yang sangat damai dan tentram.

Berjarak hanya sekitar 26 kilometer dari Kota Pariaman tepatnya di Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman.

Penasaran bukan, jadi jangan buang waktu. Manfaatkanlah waktu libur anda untuk berkunjung ke bumi Piaman Laweh, yang sangat terkenal dengan keindahan alam dan keindahan pantainya.  
(****/dikutip dari berbagai sumber/sumber fhoto google)

1 komentar:

  1. Satu lagi yang tak kalah menarik Bukit sirih Mountain View
    Banyak spot yang wajib dikunjungi
    1.Air terjun batu basurek
    2.Jenjang seribu bukit siriah ( satu2nya dikab Padangpariaman)
    3.Rumah pohon dan panorama alam perpaduan gunung dengan hamparan lautan samudera hindia
    4.hiking ke danau maninjau

    Butuh pengelolaan dan pemasaran seperti media yang ada dikab padang pariaman dan media nasiaonal agar objek wisata kita terekspos

    BalasHapus

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.