Mentri BUMN Rini Soemarno : Pembangunan Jalan Tol Tahap Pertama Ditarget Akan Tuntas Sebelum Lebaran 2019.

Mentri BUMN Rini Soemarno : Pembangunan Jalan Tol Tahap Pertama Ditarget Akan Tuntas Sebelum Lebaran 2019.

Minggu, 15 Oktober 2017, 10.49.00
Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Saat Berdiskusi dengan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Ketika Melihat Dari Dekat Kesiapan Pembangunan Jalan Tol di Paritmalintang, Sabtu 14 Oktober 2017. ( Fhoto : Humas )
Paritmalintang, BANGUNPIAMAN.COM----Propinsi Sumatera Barat segera akan memiliki jalan tol pertama. Ditargetkan sebelum lebaran tahun  2019 jalan tol tersebut akan dapat digunakan.

Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang berkunjung ke Paritmalintang Kabupaten Padang Pariaman Sabtu (14/10) menyebutkan, pihaknya akan selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan tokoh-tokoh masyarakat untuk bisa segera menuntaskan proses pembebasan lahan.

Menurut Rini pembangunan jalan tol akan dilaksanakan dalam empat tahap, tahap I adalah ruas Padang-Sicincin yang diharapkan dapat berfungsi sebelum lebaran 2019, Tahap II yakni menghubungkan  sicincin-Payakumbuh dengan pengerjaan pada 2021-2023, tahap III dilaksanakan pada 2022-2025 untuk ruas Payakumbu-Bangkinang, Riau serta tahap akhir dilaksanakan pembangunan secara paralel untuk Bangkinang-Pekanbaru tahun 2021-2023.

Rini meminta penetapan lokasi (penlok) jalan tol untuk ruas Padang-Sincincin sepanjang 29 kilometer bisa segera dipastikan pada November. Bulan depan, rencananya Presiden Joko Widodo akan meninjau meninjau kesiapan pembangunan tol pertama di Sumbar .

"Tadinya Pak Jokowi mau datang hari ini. Tapi saya bilang nanti saja, karena progresnya masih sedikit sekali. Lalu beliau setuju datang November," ujar Rini kepada Bupati Ali Mukhni di Padang Pariaman.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, Pemerintah Propinsi akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang wilayahnya dilintasi oleh tol ini. "Koordinasi tersebut telah kami lakukan, seperti pada minggu lalu, kami mengadakan rapat bersama Bupati Padang Pariaman beserta perwakilan masyarakat dan kami juga meninjau ke lapangan langsung," jelas mantan Bupati Pesisir Selatan dua priode itu.

Dia berharap dengan adanya bantuan dan kerjasama pemerintah daerah kabupaten/ Kota dan tentunya juga masyarakatnya, pembangunan tol ini akan dapat dituntaskan sesuai dengan target (RLS)

TerPopuler