Asisten Pemerintahan Iddarusalam : Bupati Ali Mukhni Apresiasi Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI

Peserta Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/MI se Kabupaten Padang Pariaman, Menampilkan Kebolehannya. Kegiatan ini digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Padang Pariaman, Selasa 8 Mei 2018, di Gedung UPT PAUD & Dikmas Provinsi Sumatera Barat, Rawang – Kota Pariaman ( Fhoto : Humas )

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Guna memupuk kecintaan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan kegiatan “Lomba Becerita bagi Siswa SD/MI”. Kegiatan berlangsung di Gedung UPT PAUD & Dikmas Provinsi Sumatera Barat, Rawang – Kota Pariaman, Selasa (08/05).

Kegiatan Lomba Bercerita ini dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab), Drs H Idarussalam Tuanku Sutan.

Ketika memberikan kata sambutan, Idarussalam mengemukakan, Bupati Padang Pariaman sangat mengapresiasi kegiatan lomba bercerita ini karena sesuai dengan visi dan misi daerah. “Pendidikan melalui membaca dan menceritakan kembali materi bacaan dapat mengasah intelelejensi dan kecerdasan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Arpus Hendri Satria AP MSi  melaporkan, tujuan penyelenggaraan lomba ini antara lain menumbuh-kembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku. Di samping itu, mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa, baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda.

Selanjutnya, ulas Hendri, menumbuh-kembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya  budaya bangsa serta mencari bibit generasi muda dari penjuru nusantara yang dapat menjadi panutan dalam memupuk kebiasaan gemar membaca.

Sasaran peserta lomba, lanjut dia, siswa-siswi yang pada saat pelaksanaan lomba masih duduk di Kelas V SD / MI, baik negeri maupun swasta, masing-masing dua peserta dari setiap kecamatan se-Kabupaten Padang Pariaman. Dalam hal ini sekolahnya sudah memiliki perpustakaan yang dikelola dan dikembangkan oleh petugas kompeten.

Dewan juri berjumlah lima orang, terdiri dari Zafnirati SPd dari Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kota Padang & Presenter Padang TV, Zalmasri SS MPd (dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Hendri Satria AP MSi (Kadis Arpus) Zakirman Tanjung (jurnalis) dan Hj Hartini Ma’ar SPd (Kabid Pengawasan dan Kearsiapan Dinas Arpus).
Dewan Juri Wartawan Senior Padang Pariaman dan Kota Pariaman Zakirman Tanjung, Menyerahkan Hadiah Kepada Peserta ( Fhoto : Humas dan Protokol Padang Pariaman )
Hingga kegiatan berlangsung, peserta yang mendaftar berjumlah 24 siswa / siswi SD / MI, masing-masing memperoleh kesempatan menunjukkan kebolehan bercerita selama 10 s/d 15 menit, menceritakan satu dari sepuluh judul yang ditentukan panitia.

Di antara judul cerita yang dipilih peserta adalah Lebai Malang, Malin Kundang, Syekh Burhanuddin, Anggun Nan Tongga, Sabai Nan Aluih, Pinokio, Asal-muasal Minangkabau, Asal Mula Nama Pantai Gandoriah dan Balasan untuk Sebuah Pertolongan. Peserta bercerita tanpa naskah dengan penampilan, intonasi dan boleh menggunakan alat peraga.

Komponen penilaian terdiri dari Penampilan dengan bobot 2, Cara / Teknik Bercerita (4), Penguasaan Materi (3) dan Kemampuan / Skill (1). Rentang penilaian berkisar antara 50 hingga 95 dengan skala kualifikasi 50 – 64 (kurang), 65 – 74 (cukup), 75 – 84 (baik) dan 85 – 95 (sangat baik).

Setelah seluruh peserta menunjukkan kebolehan, kelima dewan juri menyerahkan hasil penilaian masing-masing. Hasilnya, juara pertama diraih Airin Afrilia Jelita (siswi Kelas III SDN 06 Batang Anai) meraih hadiah berupa trofi, piagam dan tabanas Rp3,5 juta serta diutus mengikuti lomba yang sama tingkat Provinsi Sumbar – 28 Juni 2018.

Selanjutnya, juara kedua Mutia Rani (siswi Kelas V SDN 14 Nan Sabaris) dengan hadiah trofi, piagam dan tabanas Rp2 juta. Juara ketiga Zahratul Hayati Arafah (siswi Kelas V SDN 07 V Koto Timur) dengan hadiah trofi, piagam dan tabanas Rp1 juta.

Berikutnya juara harapan pertama Salsabilla (siswi Kelas V SDN 15 Ulakan Tapakis) dengan hadiah trofi, piagam dan tabanas Rp750 ribu, juara harapan kedua Ahmad Wildan (siswa Kelas III SDN 07 Ulakan Tapakis) dengan hadiah trofi, piagam dan tabanas Rp500 ribu dan juara harapan ketiga Yelmi Fitria (siswi Kelas V SDN 11 Batang Gasan) dengan hadiah trofi, piagam dan tabanas Rp250 ribu. (wis/rel)



1 komentar:

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.