Warga Tungka Nagari Koto Baru Padang Sago Temukan Hewan Langka

Warga Tungka Nagari Koto Baru Padang Sago Temukan Hewan Langka

Minggu, 23 Juni 2019, 08.07.00
Binturung Dalam Perangkat Babi ( Fhoto : Yahya )
PADANG SAGO, BANGUNPIAMAN.COM---Andre,warga Korong Tungka Nagari Koto Baru menemukan seekor hewan berspecies Musang yang sudah mulai langka, hewan ini bernama Binturung.

Penemuan hewan ini diawali Andre saat memasang jerat babi di belakang rumahnya, paginya pada hari
Sabtu (22/06/2019). Ketika melihat hasil tangkapan pemuda ini terkejut karena bukan babi yang ada di jerat kandangnya melainkan seekor binatang yang mirip beruang yang masih kecil.

Pemuda tersebut lalu memanggil warga dan Kemudian membawanya keluar dari perkebunan tersebut dengan kandang  masih terkunci.

Pemerintahan nagari Koto Baru kemudian melaporkan hal ini pada  Badan Konservasi Sumber  Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat.

Saat diteliti kelapangan petugas  menyatakan bahwa hewan ini bukanlah jenis beruang,melainkan species musang dengan nama Binturung.

Eka selaku koordinator tim BKSDA saat ditemui di lokasi penemuan ini mengatakan, hewan  yang diperkirakan dengan berat 25 kg ini adalah species musang.

Namun hewan ini sudah mulai langka dan masuk pada hewan yang di lindungi,sesuai dengan undang undang No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya.

Maka setiap penemuan hewan yang dilindungi wajib di kembalikan ke habitatnya.Pada hari esoknya hari minggu warga menyerahkan hewan ini kepada BKSDA untuk dibawa,

Eka menjelaskan, hewan ini akan di bawa ke kesehatan hewan untuk di periksa kesehatan yang selanjutnya akan dikembalikan ke habitanya dimana terlebih dahulu dipasang alat detektor untuk mengetahui keberadaan dan kondisi hewan ini.

Pewarta : Yahya

TerPopuler