Camat Padang Sago Minta Wali Nagari dan Wali Korong Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Camat Padang Sago Minta Wali Nagari dan Wali Korong Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Rabu, 26 Februari 2020, 21.56.00
Camat Padang Sago H.Syamsul Bahri Saat Membuka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020, di aula Kantor Camat Padang Sago. Fhoto : Yahya Efendi

PADANG SAGO---Tahun 2020 banyak perhelatan yang digelar baik secara nasional maupun daerah, selain Pilkada serentak sebanyak 12 provinsi, tahun ini juga dilaksanakan Sensus Penduduk secara nasional.

Penghitungan penduduk sekali 10 tahun ini diharapkan dapat memetakan jumlah serta kondisi rill penduduk Indonesia.

Berbeda dari sensus sebelumnya yaitu tahun 2010, kali ini Badan Pusat Statistik ( BPS ) mempergunakan teknologi digital dengan cara sensus berbasis online.

"Sensus penduduk online diharapkan masyarakat dapat melakukan sensus secara mandiri melalui sensus.bps.go.id," kata Melia Fachreza statisi terampil BPS Padang Pariaman, Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di kecamatan Padang Sago.

Sensus online ini diadakan 15 Februari sampai dengan 31 Maret. Selanjutnya bagi masyarakat yang tidak terjangkau jaringan internet akan diturunkan petugas yang telah dilatih oleh BPS untuk turun langsung ke lapangan memewancarai masyarakat yang akan dilaksanakan 1-31 Juli 2020

"Ditargetkan 20% penduduk secara nasional telah terdaftar melalui sensus online ini, untuk itu kita maksimalkan sosialiasi kepada masyarakat baik turun langsung ke setiap kecamatan maupun melalui media sosial," ulas Reza.

Reza menambahkan BPS menyediakan layanan lansung di kantor untuk masyarakat yang ingin penjelasan tentang sensus online ini. Selain itu BPS juga siap turun ke nagari-nagari jika dibutuhkan.

"Kita harapkan kaum milenial dan para pengguna android dapat memanfaatkan fasilitas sensus online ini," jelas Reza kepada bangunpiaman.com di kantor Camat Padang Sago Rabu (26/02/2020)

Sementara Camat Padang Sago H. Syamsul Bahri  menyambut baik kegiatan BPS dan siap membantu untuk wilayah Padang Sago melalui wali nagari dan wali korong.

"Sensus penduduk merupakan penghitungan penduduk Indonesia yang dilaksanakan sekali 10 tahun, sensus ini sangat penting dalam rangka memetakan dan merencanakan program 10 tahun kedepan," kata H. Syamsul Bahri.

Perencanaan program tersebut berupa program pembangunan infrastruktur dan pembangunan di segala bidang.

" Untuk itu kita harapkan wali nagari dan wali korong membantu dengan penuh agar suksesnya sensus penduduk 2020 ini,  baik dalam tahap sensus online ini maupun saat tatap muka dengan masyarakat nantinya,"  harap.  H. Syamsul Bahri.

Pewarta : Yahya Efendi

TerPopuler