Rakerwil APEKSI Wilayah Sumatera di Kota Pariaman, Bahas Isu Strategis Penanganan Penyebaran Virus Corona

Rakerwil APEKSI Wilayah Sumatera di Kota Pariaman, Bahas Isu Strategis Penanganan Penyebaran Virus Corona

Rabu, 18 Maret 2020, 09.52.00
Suasana Dinner Rakerwil  APEKSI Wilayah Sumatera di Kota Pariaman. Fhoto : Fadli

PARIAMAN---Untuk pertama kalinya sejak Kota Pariaman berdiri pada 2002 silam, Kota Pariaman terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Wilayah Sumatera I Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2020.

Rakerwil I ini sendiri akan berlangsung dari tanggal 17-19 Maret 2020 di wilayah kota yang dipimpin Genius Umar sebagai Walikotanya dan Mardison Mahyuddin sebagai wakilnya.

Pembukaan Rakerwil I APEKSI 2020 ini ditandai dengan gala dinner berupa penyambutan tamu dan jamuan makan malam yang disediakan Wako Pariaman di Balairung rumah jabatan Wako Pariaman, Selasa (17/3), dihadiri langsung Ketua APEKSI Wilayah I, Firdaus, yang merupakan Walikota Pekanbaru.

Dari 24 orang kepala daerah kota dalam wilayah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Provinsi Sumatera Barat, pembukaan gala dinner ini baru dihadiri 20 orang kepala daerah.

Sedangkan 4 orang lainnya dalam laporannya sedang dalam perjalanan menuju Kota Pariaman.

Dalam pidato sambutannya, Walikota Pariaman Genius Umar dihadapan 20 orang kepala daerah kota peserta APEKSI 2020 ini menyampaikan rasa syukur yang mendalam dan ucapan terimakasih kepada kepala daerah kota peserta Rakerwil I APEKSI karena telah menyempatkan diri hadir dan datang di Kota Pariaman ini.

“ Hal ini merupakan momentum kali pertamanya, walikota Wilayah I APEKSI hadir di Kota Pariaman yang menjadikan motivasi bagi kami di Pemko Pariaman untuk selalu bersemangat membangun daerah kami kearah yang lebih baik, karena kekompakan dari seluruh walikota dalam wilayah I ini sangat mampu memberikan sebuah kekuatan untuk saling bertukar informasi, sharing, tentang pengelolaan daerah secara baik dan berkompeten untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di daerah masing-masing,” terang Genius.

Namun, ungkap Genius lagi, sebetulnya kami juga was-was terkait edaran dari Presiden RI tidak boleh berkumpul-kumpul yang dikarenakan adanya wabah virus corona.

“ Bahkan, Ketua APEKSI Pusat, Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan) pun menghubungi kami, sehingga kami jelaskan, bahwa dalam beberapa rangkaian kegiatan Rakerwil I APEKSI ada beberapa kegiatan lapangan yang melibatkan banyak orang yang kita hilangkan, sehingga konsentrasi pelaksanaan Rakerwil I APEKSI akan berlangsung secara resmi saja,” ungkap Genius.

Dan untuk menyikapi ini, Pemko Pariaman telah lakukan persiapan berupa penyemprotan dengan desinfektan dan menyediakan Antiseptik untuk cuci tangan.

Genius Umar harapkan, rapat APEKSI ini mampu menjadi ajang saling bertukar informasi, bagaimana daerah tertentu sudah bisa menemukan solusi untuk sebuah masalah kemudian di bagi di dalam forum ini dan begitu seterusnya.

Ada beberapa usulan dari Wako Pariaman Genius Umar yang akan menjadi bahasan dikemukakan dalam rapat APEKSI, yakni tentang tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah, tentang infrastruktur, cara menyikapi secara bersama dan langkah strategis dalam menghadapi dan menyikapi bahaya virus corona ini.

“ Ditambah lagi, yang baru-baru ini, Menteri Keuangan RI telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang dimana kita diberi kemudahan pengelolaan keuangan untuk merubah anggaran kesehatan di tahun ini menjadi anggaran yang langsung focus dalam anggaran menghadapi bahaya nasional ini yakni virus corona. Dan hal ini menjadi diskusi serius terkait tata cara pengelolaannya karena hal ini masih baru dan menjadi kebijakan daerah,” tutup  Genius mengakhiri.(Fadli/Harsy)

TerPopuler