Ketua APPSI Sandiaga Uno : Pasar Pariaman Perlu Dibenahi Karena Kondisi Fisiknya Sudah Tua

Ketua APPSI Sandiaga Uno : Pasar Pariaman Perlu Dibenahi Karena Kondisi Fisiknya Sudah Tua

Minggu, 05 Juni 2016, 09.10.00
Sandiago Uno Ketua APPSI Ketika Berkunjung ke Kota Pariaman ( Fhoto Andi Sikumbang )
Kota Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang sehari-harinya Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sabtu (4/6) berkunjung ke Kota Pariaman.

Kedatangan Sandiaga Uno ke Kota Pariaman disamping mengunjungi Pasar Pariaman juga berkunjung ke Sekretariat APPSI Kota Pariaman, Pantai Gandoriah, Penangkaran Penyu. Kunjungan Sandiaga Uno tersebut didampingi Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius, Ketua KADIN Bagindo Jomohor, Kepala Dinas Koperindag Gusniyetti Zaunit, Wakil Ketua DPRD Jhon Edwar beserta anggota DPRD Hamdani dan Fitri Nora dan kepala SKPD.Setelah mengunjungi pasar, Sandiaga Uno juga bersilaturahmi ke kantor sekretariat Asosiasi pedagang pasar pariaman, pantai gandoriah dan penangkaran penyu.

Kepada wartawan Sandiaga Uno mengatakan, Pariaman perlu dibenahio karena kondisi fisiknya yang sudah tua, dan perlu disesuaikan dengan konsep pasar yang sejalan dengan konsep pariwisata

"Saya acungkan jempol dengan Pemerintah Kota Pariaman, yang menjadikan pasar tradisional sebagai program prioritas, dan tingkatkan sinergitas pemko dengan Asosiasi pedagang agar pasar menjadi lebih baik," kata calon penatang Ahok pada Pilkada DKI itu.

Sementara itu Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar  mengatakan, pembangun Pasar Pariaman sudah dilakukan sosialisasi pada pedagang, dan saat sekarang masih pro dan kontra karena ada pihak-pihak tertentu yang mempengaruhi pedagang agar program ini gagal. Dia berharap berharap agar Pedagang dan pemilik melalui Asosiasi berembuk dan menyampaikan ke Pemerintah Daerah agar Pasar ini cepat dibangun.

" Saya minta pedagang memahami pentingnya pembangunan pasar Pariaman yang sudah tua, Pemerintah Kota akan membangun kalau pedagang sudah kompak. Karena Berdasarkan kajian dari Dinas Koperasi, Industri dan perdagangan (Koperindag), kondisi pasar Pariaman sudah tidak layak untuk digunakan, bangunan sudah tua (lebih 20 th), pernah di goncang gempa tahun 2009 dan bangunan sebagian besar sudah rusak berat dan sedang bahkan ada yang sudah runtuh," jelas Wawako.

Ditempat terpisah Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, mengungkapkan bahwa Pedagang Pasar Pariaman bila tidak ingin berubah akan kalah dengan pasar Kuraitaji, yang lebih tertib, nyaman dan sehat. Pembangunan pasar Kuraitaji tetap dilanjutkan sebagai pasar yang representatif di Kota Pariaman.

Kedatangan Sandiaga Uno yang merupakan calon kuat penantang ahok pada pilkada DKI Jakarta 2017 ini, disambut antusias oleh para pedagang pasar pariaman, dan sekaligus memberikan dukungan moril untuk Pilkada DKI karena 30 % penduduk DKI berasal dari orang minang. (wis/andi sikumbang)

TerPopuler