Genius Umar : Musrenbang RKPD 2017 Miliki Makna Strategis Untuk Proses Pembangunan Kota Pariaman.

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM --- Pemerintah Kota Pariaman bersama DPRD Kota Pariaman gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat Kota Pariaman. Musrenbang tersebut bertujuan mempercepat pembangunan daerah. Sehingga kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif  berbasis lungkungan dapat diwujudkan,

Musrenbang yang digelar Rabu (29/3/2017) tersebut dibuka  Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dihadiri Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Zalman Zaunit, Sekretaris Bappeda Provinsi Sumbar, Ketua Pengadilan Negeri Pariaman, Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Danramil Pariaman, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Pariaman, Kepala OPD Pemkot Pariaman, Pimpinan Parpol dan BUMN, Camat se-Kota Pariaman, Kepala Desa/Lurah se-Kota Pariaman serta Ketua BPD dan LPM se-Kota Pariaman.

Menurut Wawako Genius Umar,  Musrenbang RKPD merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Pariaman tahun 2017.

" RKPD tahun 2017 ini merupakan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kota Pariaman tahun 2013-2018. Jadi Musrenbang RKPD tahun 2017 yang kita laksanakan hari ini memiliki makna yang strategis untuk kelanjutan proses pembangunan di Kota Pariaman," katanya.

Genius berrharap,  kepada seluruh kepala OPD dan stakeholder terkait untuk dapat mengikuti Musrenbang ini sampai selesai, sehingga memudahkan dalam hal pembahasan dan perencanaan secara teknis yang betul-betul tepat sasaran untuk menghasilkan tujuan akhir yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, yang hadir sebagai narasumber mendukung penuh pembangunan yang dilakukan Pemkot Pariaman dalam upaya menyelaraskan pembangunan yang seimbang untuk kemajuan Kota Pariaman.

“ DPRD Kota Pariaman menjadikan Musrenbang ini sebagai upaya menyerap dan menggali komponen yang dapat menjadi potensi dalam kaitannya dengan perencanaan program dan kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung guna peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Pariaman,”

Mardison menuturkan pihak DPRD Kota Pariaman tidak pernah menggagalkan tentang semua hal yang menjadi visi misi Pemkot Pariaman dalam upaya pembangunan, namu terkadang beberapa hal yang menjadi rintangan ialah karena kurangnya penjelasan dari OPD terhadap komisi di DPRD sehingga hal tersebut perlu peninjauan kembali agar hasil yang diciptakan lebih maksimal dan tepat sasaran.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kota Pariaman Epi Rizal melaporkan Musrenbang tahun 2017 ini dilakukan selama 2 hari 29-30 Maret 2017 dengan peserta Walikota Pariaman/Wawako Pariaman, Pimpinan dan Anggota DPRD, Bappeda Provinsi Sumbar, Pejabat OPD Kota Pariaman, Camat, akademisi, LSM/ormas, pengusaha, dan tokoh masyarakat.

Untuk mekanisme, lanjut Evi Rizal meliputi sidang pleno dan sidang kelompok dalam bentuk konsultasi teknis dibagi dalam tiga kelompok yakni kelompok pemerintah dan sosial budaya, kelompok sarana prasarana wilayah dan kelompok ekonomi.[rel/kominfo]

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.