Alek Nagari Sintuak Resmi Dimulai, Saat Membuka Ini Pesan Bupati Ali Mukhni...

Bupati Ali Mukhni Saat Membuka Alek Nagari di Suntik Toboh Gadang Sabtu 24 Agustus 2019 (Foto  : Humas )

SINTOGA---Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni membuka Festival Alek Nagari Padang Pariaman bersinergi dengan Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang di Laga-laga Balai Usang Sintuak, Sabtu (24/08/2019).

Turut hadir Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM, Ketua DPRD Happy Neldi, SE, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi, SE, MM, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumtera Barat Dra. Gemala Ranti, M.Si.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatra Barat Erman Rahman, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatra Barat Dwi Sutana, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Nurmatias, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Rahmang, MM.

Kemudian juga terlihat Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jon Kenedi, S. Sos, MM, dan  anggota DPRD lainnya antara lain Firdaus, SHI, Suryadi Ali Zuhri ST, serta Camat, Wali nagari, Bamus, dan Kepala Sekolah se Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati memberikan apresiasi kepada kepala dinas beserta camat dan wali nagari atas terselenggaranya acara ini.

"Seperti yang kita ketahui semakin banyaknya generasi muda saat ini kurang memahami tentang adat budaya Minang untuk itu perlu diadakannya festival budaya seperti ini," ujarnya.

"Tujuan dari penyelanggaraan acara ini  untuk menggali potensi seni budaya tradisional Minangkabau di Padang Pariaman dan menumbuh kembangkan nilai-nilai budaya Minangkabau berlandaskan adat basandi syarak-syarak basandi kitabullah di bumi Kabupaten Padang Pariaman," katanya.

Peraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan itu menjelaskan,  bentuk dari kegiatan ini adalah tampilan kreativitas anak nagari dalam penyambutan tamu di Padang Pariaman, tampilan tradisi ulu ambek anak nagari, tampilan silat tradisi dan silat laga,dan tampilan indang tradisi.

"Melalui festival yang berlangsung ini diharapkan dapat menciptakan pelestarian budaya agar generasi muda dapat mengetahui tentang budaya Minang dan agar budaya tersebut dapat dilestarikan," tandasnya.

Festival alek nagari Padang Pariaman bersinergi dengan Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang berlangsung hingga 11 September 2019.

rel/wis
Diberdayakan oleh Blogger.