Dinsos P3A Padang Pariaman, Gelar Lomba Pemilihan Perempuan Inspiratif

Ny Rena Ali Mukhni Meninjau Karya Perempuan Inspiratif Beberapa Waktu Lalu ( Foto : Humas )

PARIAMAN---- Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Lomba Pemilihan Perempuan Inspiratif Tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2019.

Kegiatan tersebut digelar dalam upaya memberikan apresiasi kepada para perempuan Kabupaten Padang Pariaman yang punya inspirasi bagi masyarakat dan daerah.

Kepala Dinsos P3A Hendra Aswara menjelaskan bahwa salah satu tolak ukur 'Perempuan Inspiratif' adalah perempuan yang memberikan inspirasi bagi masyarakat dan pemerintah yang bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan, misalnya dengan membentuk kelompok usaha, meningkatkan perekonomian dan lainnya.

"Kegiatan Lomba Pemilihan Perempuan Inspiratif Tingkat Kabupaten digelar setiap tahun. Kita tahu di luar sana banyak sekali perempuan tangguh yang dapat menginspirasi kita semua," kata Hendra di Ruang kerjanya, Jumat (23/8) lalu.

Sosok perempuan inspiratif, tambah Hendra, harus bisa menjadikan diri sendiri berguna bagi keluarga dan masyarakat sebelum menginspirasi orang lain. Menurutnya, ada beberapa indikator untuk bisa berperan sebagai perempuan inspiratif, di antaranya mampu memperlihatkan sosok keteladanan dalam membina keluarga dan rumah tangga, memiliki budi pekerti luhur dan teladan dalam masyarakat, serta mampu melakukan terobosan dan kontribusi berarti dalam partisipasi pembangunan.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Yultafitri mengatakan bahwa lomba Perempuan Inspiratif telah digelar selama dua hari pada tanggal 19-20 Agustus 2019. Adapun peserta lomba dari perwakilan 17 kecamatan se-Padang Pariaman. Penilaian terdiri dari dua tahap yaitu Tahap I berupa ekspose peserta, dan tahap II verifikasi lapangan bagi peserta yang masuk nominasi.

"Dewan Juri berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumbar, Ketua TP PKK Padang Lariaman Hj. Rena Ali Mukhni dan DinsosP3A," kata Yultafitri.

Adapun hasil penilaian Perempuan Inspiratif yang telah tampil dgn baik dan bagus dari 14 peserta maka Tim juri memutuskan di antara yang terbaik yaitu Terbaik I Leni Sofiati dari Kecamatan V Koto Timur, Terbaik II Fidias S dari Kecamatan Sintuk Toboh Gadang dan Terbaik III Indrawati dari Kecamatan 2x11 Kayu Tanam.

"Perserta terbaik I akan mewakili Padang Pariaman untuk lomba Perempuan Inspiratif tingkat Propinsi," ujar Yultafitri mengakhiri.

Rel/Wis
Diberdayakan oleh Blogger.