Usai Bersilaturahmi, Bupati Ali Mukhni Jadi Nara Sumber Diklat Kepemimpinan Dasar, IMAPAR UNP Padang

Bupati Ali Mukhni Bersama Mahasiswa Piaman Raya ( IMAPAR) Universitas Negeri Padang Sabtu 28 September 2019 ( Fhoto : Humas)

PADANG---Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni silaturahim dan menjadi narasumber dalam kegiatan Temu Ramah & Latihan Kepemimpinan Dasar Ikatan Mahasiswa Piaman Raya (IMAPAR) Universitas Negeri Padang, Sabtu (28/9/2019).

Bupati Ali Mukhni terlihat senang berada di tengah tengah pegiat IMAPAR UNP. Banyak wejangan dan nasehat yang disampaikan pada peserta antara lain memegang teguh dan menjalankan organisasi secara amanah dan penuh tanggung jawab.

Terkait dengan menjalankan amanah dan tanggung jawab, Ali Mukhni mencontohkannya dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang sejak dia menjadi Bupati telah menyatakan bahwa di Pemkab Padang Pariaman tidak ada istilah pejabat yang ada adalah pelayan masyarakat.

"Secara aturan dan istilah dalam UU bolehlah kami disebut pejabat namun dalam pelaksanaan sehari-hari kami adalah pelayan masyarakat yang harus melayani masyarakat selama 24 jam sehari tanpa kenal lelah dan mengeluh," kata peraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan itu.

Ali Mukhni menegaskan bahwa dirinya tidak ingin mendengar satu orang masyarakat Padang Pariaman pun yang mengeluh atas pelayanan masyarakat.

"Untuk itu saya tidak mau mendengar mahasiswa yang tergabung dalam IMAPAR bermalas-malasan, suka mengeluh. Jaga kebersamaan, persatuan, kekompakan dan jangan terpancing adu domba yang bisa merusak persatuan organisasi," katanya memberi nasehat.

Hidup ini penuh perjuangan, katanya menyambung. Jika bermalas-malasan, mengeluh, mudah putus asa maka apa yang kita cita-citakan untuk masa depan sangat sulit menggapainya.

"Begitu juga saya dalam memimpin Kab. Padang Pariaman. Banyak halangan, hambatan, rintangan bahkan ancaman. Tidak hanya eksternal juga internal. Namun, dengan kesungguhan dan mengharap ridha Allah semuanya itu dapat diatasi dan dicarikan jalan keluarnya," katanya lagi.

Sebagai penerus estafet kepemimpinan bangsa, katanya melanjutkan, kuncinya hanya mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah, membaca Quran, hormat dan santun kepada kedua orangtua.

"Sebagai mahasiswa yang tergabung dalam organisasi, pedulilah dengan kampung halaman, lingkungan dan sanak saudara di kampung. Buatlah kegiatan yang sangat berguna bagi masyarakat di kampung. Sebagai contoh mengajak masyarakat melalui wali nagari bergotong royong membersihkan rumput yang tinggi menutupi jalan yang sudah dihotmix," hemat Ali Mukhni mengakhiri.

Pada pemaparan akhirnya, bupati dua peridoe itu memaparkan pembangunan yang sudah dan sedang berjalan di Kab. Padang Pariaman antara lain Poltekpel di Tiram yang ada 3 di Indonesia, MAN Insan Cendekia di Sintoga yang hanya ada 1 di Sumbar, Main Stadion Sumbar di Lubuk Alung, Asrama Embarkasi Haji Sumbar di Sungai Buluah Selatan, Tarok City di 2 x 11 Kayu Tanam. ( H/Wis)
Diberdayakan oleh Blogger.