Polisi Amankan Sembilan Pelaku Pencurian Pada Acara Basafa, di Ulakan

Kapolres Padang Pariaman AKBP Zamroni Wibowo Memperlihatkan Barang Bukti

PARITMALINTANG---Kepolisian Resor Padang Pariaman menangkap sembilan orang pelaku pencopetan, dari dua komplotan yang sering beraksi pada acara Syafaran (Basapa) di makam Syech Burhanuddin, di Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Zamroni Wibowo menyebutkan, dua komplotan ini berasal dari dua kelompok keluarga dan daerah yang berbeda.

"Keluarga pertama dari daerah Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Sedangkan komplotan yang kedua berasal dari Panyabungan, Kabupaten Madina, Sumatera Utara," kata Zamroni, pada Kamis (24/10/2019).

Lanjut Zamroni, penangkapan pelaku-pelaku ini setelah tertangkapnya dua orang pelaku dari masing-masing komplotan tersebut saat beraksi pada Rabu (23/10/2019), sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kemudian dilakukan pengembangan, sehingga tertangkap lagi tujuh orang pelaku selanjutnya," ujar Zamroni.

Zamroni mengatakan, indentitas masing-masing pelaku yang diamankan, untuk komplotan pertama, atas nama Yusniar Piliang (64), pekerjaan petani, warga Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Agam.

Kemudian Edi Hermanto (27) yang merupakan menantunya, pekerjaan karyawan kontrak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agam. Setelah itu, cucu perempuannya bernama Tri Tesa Mai Sahar (18).

Sedangkan komplotan kedua, yang merupakan warga Sarak Matua, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina, Sumatera Utara, dengan enam pelaku. Masing-masing identitasnya, atas nama Nafsiyah (51) pekerjaan petani, kemudian Muhammad Jamal (19) cucu dari Nafsiyah yang merupakan seorang pelajar.

Setelah itu Miswar Nasution (30) anak dari Nafsiyah, serta Monra Hasibuan (39) familinya, serta Nondang (41) satu kampung dengannya, dan Tiomas (35) yang juga satu kampung dengannya.

Dikatakan Zamroni, dari penangkapan pelaku-pelaku ini, barang bukti yang berhasil diamankan, 29 Handphone, satu buah gelang emas, satu buah cicin emas, uang sejumlah Rp 1.410.000 dan dua unit mobil yang digunakan pelaku saat beraksi. ( Nd/Harsy)


Diberdayakan oleh Blogger.