Hasil Revisi OPD Yang Dilakukan Inspektur, Dinas Arsip dan Perpustakaan Terbaik

Tim APIP Inspektorat serahkan hasil reviu RKA Tahun 2020 kepada Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Hendri Satria di Aula Inspektorat, Parit Malintang, Rabu 30 Oktober 2019 ( Fhoto : Humas)

PADANG PARIAMAN--- Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman menyampaikan hasil reviu atas Dokumen Perencanaan dan Penganggaraan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Reviu dilaksanakan oleh Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terhadap Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) OPD pada APBD tahun 2020 yang dihadiri langsung oleh Kepala OPD beserta staf.

"Hasil revieu RKA per OPD tahun 2020 sudah kita sampaikan ke Kepala OPD. Saya rasa Dinas Arpus yang terbaik," kata Inspektur Hendra Aswara di ruang kerjanya, Parit Malintang, Kamis lalu.

Pelaksanaan reviu RKA untuk memberikan keyakinan terhadap kualitas Dokumen Perencanaan dan Penganggaran Tahunan Daerah, untuk menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas serta menjamin kepatuhan terhadap kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran.

"Kita menghindari ada kegiatan yang naik di jalan tanpa perencanaan," ujar mantan Kadis Sosial itu.

Secara teknis, lanjut Hendra, dokumen tersebut terlebih dahulu dicermati Tim Bappeda dan TAPD, setelah itu APIP melakukan reviu. Reviu tersebut dilakukan mulai tanggal 19 s/d 25 Oktober 2019 melalui percermatan data dan dokumen serta diskusi klarifikasi dengan OPD terkait.

 Tim Reviu terdiri dari 4 Tim dengan pembagian tugas reviu sesuai dengan Ketugasan Pendampingan dan Asistensi OPD di Inspektorat Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

"Berita acara hasil reviu ditandatangani oleh Kepala OPD dan kami apresiasi yang sudah melakukan sinkronisasi antara perencanaan, indikator kinerja, target kinerja dan anggaran yang memadai," ujar peraih peringkat satu kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat propinsi Sumbar.

Sementara Bupati Ali Mukhni berharap Inspektorat berharap Inspektorat berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan yg tata azas, taat aturan dan taat hukum.

"Tim TAPD dan Inspektorat harus bersinergi mulai perencanaan hingga penganggaran untuk menghasilkan APBD yang tepat sasaran sesuai visi misi Kepala Daerah," ujar Bupati yang digadang-gadang menjadi calon gubernur mendatang itu. (rel/Wis)


Diberdayakan oleh Blogger.