Sumsel "Belajar" ke Disdukcapil Padang Pariaman

 

Fhoto Bersama Usai Berdiskusi Terkait Administrasi Kependudukan

PARIT MALINTANG---Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Selasa (29/06/2021), menerima kunjungan silaturahim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Selatan.


Tim Disdukcapil Sumatera Selatan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Pu'adi, S.Pd, dengan anggota tim dari sekretariat dan seluruh bidang.


Tim terdiri dari Ferry Darmansyah Kabid Dafduk, Panggih Ilmiadi Kabid PIAK, Deni Novianza Kasubag Umum dan Kepegawaian, Yun Marga Lita Kasubag Perencanaan, Dodi Arp Kasi Monev Capil, Dion Sastra Kasi Monev Kelembagaan, dan dua orang staf


Kepala Disdukcapil Sumsel dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim Dukcapil Ceria atas penerimaan, meluangkan waktu dan proses pembelajaran bersama antar Disdukcapil.


Dengan proses ini, bagi Disdukcapil Sumsel dapat menjadi referensi dalam pembinaan Disdukcapil Kabupaten/Kota sesuai kewenangan Disdukcapil Provinsi.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Pariaman M. Fadhly Menerima Cendramata Dari Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Sumatera Selatan Pu'adi.


Beberapa hal yang menjadi referensi dari Disdukcapil Padang Pariaman adalah pengelolaan layanan pengaduan, proses rekam dan layanan cetak KTP-el luar domisili serta kolaborasi pelayanan dengan perangkat daerah dan instansi lain.   


Terkait dengan hal tersebut Muhammad Fadhly memaparkan beberapa kebijakan yang telah dilakukan oleh Dukcapil Ceria. Diantara yang menjadi penegasan adalah layanan Nagari go digital (Nagita) dan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam layanan publik oleh Pemerintah.


Terhadap dua hal ini, Fadhly menjelaskan lebih lanjut terkait kemampuan membangun komunikasi dengan tim, baik internal maupun eksternal. 


Dengan internal adalah kemampuan untuk mengkomunikasi visi dan misi organisasi kepada seluruh tim Dukcapil Ceria, mulai dari level pejabat sampai kepada seluruh swakelola.


Sedangkan dengan eksternal membangun kolaborasi penyamaan persepsi untuk menciptakan layanan publik yang membahagiakan masyarakat.


Dengan eksternal diantaranya adalah dengan Pemerintah Nagari, KUA se Kabupaten Padang Pariaman, Pengadilan Agama, RSUD Padang Pariaman, dan beberapa perangkat daerah lainnya. ( R/Wis)


  


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.