Setelah Dilantik Kemarin, Hari Ini Tiga Wali Nagari di Kecamatan VII Koto Gelar Sertijab Serentak

 


SUNGAI SARIAK----Tiga Wali Nagari di Kecamatan VII Koto lakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) secara serentak, sekaligus pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Nagari yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs. Rahmang, M.M. Selasa (14/12/2021) di Aula SD Unggul Terpadu Nagari Limpato Sungai Sariak Kecamatan VII Koto.


Tiga Wali Nagari yang melakukan Sertijab pada hari ini, diantaranya Nagari Sungai Sariak dari Penjabat lama Darlisman, S.Sos. kepada Zaiful Yudi. Nagari Balah Aie dari Yunasrun Bakri, S.T.M.E, kepada Jonifriadi  dan Nagari Lareh Nan Panjang dari Defi Susanti, S.Sos, kepada Muskinta, S.Kom.

 

Wabup mengucapkan selamat kepada ketiga Wali Nagari yang telah dilantik dan sumpahnya kemarin. Serta ucapan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, terutama kepada Panitia Pemilihan Wali Nagari dan Badan Musyawarah Nagari, yang telah bekerja maksimal dalam pelaksanaan pemilihan Wali Nagari serentak dengan aman dan lancar. Beliau juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Penjabat Wali Nagari yang lama, atas pengabdian yang diberikan selama ini. 




Khususnya dalam menjalankan tugas, mengantarkan kepemimpinan Wali Nagari yang defenitif melalui pelaksanaan Pilwana serentak dengan sukses.


"Dengan telah dilaksanakannya Sertijab ini, merupakan tanda bahwasanya tugas dan tanggunggjawab sudah dimulai. Yakninya, untuk menjalankan roda pemerintahan dan mensejahterakan masyarakat di Nagari. Tidak hanya itu, Wali Nagari merupakan perpanjangan tangan Bupati serta sebagai penerima aspirasi masyarakat dalam mewujudkan nagari yang lebih baik lagi," ungkapnya.


Ia juga berharap, agar seluruh elemen masyarakat dapat membantu Wali Nagari dalam menjalankan tugasnya. Karena roda Pemerintahan Nagari tidak akan berjalan, kalau hanya Wali Nagari menjalankan sendiri.




"Kepada Wali Nagari terpilih, diharapkan bisa merangkul seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan roda Pemerintahan dan melaksanakan pembangunan di Nagari masing-masing. Disamping itu, kita semua selalu menjaga kebersamaan dan semangat gotong royong. Dan bisa terus terpelihara dalam setiap gerak dan langkah yang dilakukan oleh Wali Nagari terpilih, dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Terutama, dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masing-masing Nagari," terangnya.


Sebelumnya, Ketua TP-PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur dalam sambutannya. Mengucapkan terima kasih pada pejabat lama yang telah menjalankan tugas selama ini, sebagai Ketua TP. PKK Nagari dan akan dilanjutkan oleh Ketua TP. PKK yang baru saja dilantik dihadapan kita bersama.




"Sebagai Ketua TP-PKK Nagari, banyak tugas yang harus diemban. Selain mendukung dan menyokong tugas suami, Ketua TP-PKK juga memiliki tugas lain. seperti sebagai Ketua Dekranasda nagari, Ketua Forikan Nagari dan Bunda PAUD Nagari. Oleh karenanya, dalam menjalankan tugas tersebut dibutuhkan dukungan dari wali nagari. Agar kegiatan TP-PKK ini dapat dijalankan sampai ke Korong-korong," tuturnya.


Ia juga berpesan, kepada TP-PKK Nagari untuk mulai membentuk dasa wisma. Agar kesejahteraan keluarga dapat diwujudkan. Tentunya semua ini, tidak terlepas dari sinkronisasi dan kolaborasi dengan semua Perangkat Daerah serta instansi lainnya.


Sementara itu, Camat VII Koto Nini Arlin, S.Sos. MM, dalam sambutannya mengatakan. Sertijab ini merupakan awal perjalanan dan perjuangan Wali Nagari, untuk melangkahkan kaki dan membawa Nagari dalam mensejahterakan masyarakat. Dengan harapan, dapat menampung aspirasi dan melihat kebutuhan masyarakat. Sehingga pembangunan fisik dan peningkatan kualitas SDM dapat terwujud.


"Kami juga meminta kepada Wali Nagari, agar dapat mengsinkronkan program Kabupaten, Kecamatan dan Nagari. Mari bersama, kita wujudkan harapan yang telah dimanahkan oleh masyarakat. Ini merupakan tanggungjawab kita bersama, untuk saling bersinergi. Kepada Ketua TP-PKK Nagari, agar dapat membantu suaminya dalam menjalankan tugas. Jangan sampai ada yang tersandung hukum, kami dari Kecamatan membuka lebar ruang untuk berkoordinasi dan berkomunikasi. Sehingga kita bekerja sesuai regulasi dan berkomitmen membangun Nagari yang lebih baik lagi," pesannya.




Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padang Pariaman Erman, S.Sos. MM, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab. Anesa Satria, SH. MM. Anggota Forkopimca, Tokoh masyarakat VII Koto Azhar Abu Bakar, anggota Bamus, Ketua KAN dan Bundo Kanduang serta Wali Korong setempat. (Prokopim)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.