Sangat Mudah! Inilah 6 Cara Daftar Online Shop Untuk Pemula

 


Online shop atau toko online merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli yang melakukan transaksi dengan memanfaatkan platform tertentu. 

Berbagai jenis barang bisa Anda temukan pada toko online tersebut. Tak hanya sebagai pembeli, Anda pun bisa menjadi penjual jika punya produk yang bisa dijual. Nah, bagaimana cara daftar online shop tersebut?

Berbisnis secara online merupakan hal yang sangat wajar di zaman yang canggih ini. Apalagi ada banyak platform yang bisa Anda pilih. 

Pada umumnya cara untuk mendaftar online shop pada platform-platform tersebut tidak begitu sulit meskipun Anda masih pemula. Apa saja yang harus Anda lakukan agar bisa mendaftar dan memiliki online shop sendiri?

Cara Daftar Online Shop dengan Mudah dan Cepat

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat canggih bahkan memberi pengaruh yang besar terhadap dunia bisnis. Termasuk dalam hal transaksi penjualan dan pembelian. 

Hal ini ditandai dengan kemunculan banyaknya platform marketplace yang memudahkan orang untuk bertransaksi jual beli melalui online shop.

Sebagai pebisnis, ada baiknya Anda juga memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menggunakan online shop untuk memasarkan produk. Pasalnya, online shop sudah pasti bisa diakses di seluruh penjuru nusantara bahkan dunia. 

Ini merupakan kesempatan yang bagus bagi Anda untuk mengenalkan produk sekaligus menarik lebih banyak pelanggan. Lalu bagaimana cara daftar online shop tersebut? berikut ulasan lengkapnya.

Membuat akun

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar bisa melakukan transaksi penjualan dan pembelian dengan menggunakan online shop adalah membuat akun. Begitu banyak marketplace yang bisa Anda pakai untuk membuat toko online. Misalnya saja Blibli.com.

Marketplace ini merupakan satu dari beberapa platform di Indonesia yang memudahkan para pebisnis untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian. 

Untuk bisa membuat akun pada marketplace ini, setidaknya Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Apabila menggunakan ponsel, Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store.

Setelah unduhan selesai, Anda bisa langsung mendaftar. Biasanya proses pendaftaran ini memerlukan nomor ponsel Anda kemudian setelahnya lakukan verifikasi melalui nomor ponsel yang terdaftar juga email. 

Jangan lupa untuk memastikan bahwa email dan nomor ponsel yang Anda pakai untuk mendaftar masih dalam kondisi aktif. Serta belum pernah Anda gunakan untuk mendaftar pada marketplace yang Anda pilih tersebut.

Isi profil dengan lengkap

Ketika akun telah aktif, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melengkapi data untuk profil toko. Menu untuk melengkapi data profil ini dapat Anda temukan pada bagian Seller Center. Setelah menemukan menu tersebut, silahkan Anda mengisi profil toko dengan lengkap dan jelas. 

Biasanya data untuk profil toko ini berupa nama toko online, deskripsi, banner bahkan juga logo toko Anda. Jika semua data tersebut sudah Anda lengkapi lalu pilih simpan. 

Atur alamat toko serta pilih jasa pengiriman

Setelah mengisi profil dengan lengkap, berikutnya Anda harus mengatur alamat toko dengan mengisi alamat pada menu yang tersedia. Selanjutnya silakan memilih jasa pengiriman yang akan Anda gunakan. 

Caranya adalah dengan memilih menu jasa kirim yang tersedia pada platform kemudian beri tanda centang pada ekspedisi yang Anda inginkan.

Dengan banyaknya pilihan ekspedisi atau layanan jasa pengiriman yang tersedia maka konsumen akan semakin mudah berbelanja di toko online Anda. 

Mengisi nomor rekening

Nomor rekening merupakan hal mutlak yang harus ada ketika Anda mendaftar dan membuat toko online. Pasalnya melalui nomor rekening inilah nantinya pencairan dana atas transaksi yang pembeli lakukan bisa Anda terima. 

Untuk memasukkan nomor rekening Anda, carilah menu yang berkaitan dengan kartu atau nomor rekening yang ada pada platform. 

Segera memulai transaksi penjualan

Saat semua data yang diperlukan untuk mendaftar toko online sudah Anda lengkapi, selanjutnya Anda bisa segera memulai untuk menjual produk. 

Anda bisa menambah produk yang Anda jual pada menu yang tersedia sembari mengisi data produk dengan detail. Misalnya nama produk, harga, serta deskripsi lainnya yang perlu. Setelah itu, Anda bisa mengunggah foto produk agar tampilan toko online lebih lengkap, menarik dan sempurna.

Mempublikasikan dan promosi online shop 

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan dalam cara daftar online shop adalah dengan mempublikasikan toko daring. Anda bisa melakukan publikasi dengan cara share link toko online Anda pada keluarga, teman, rekan sejawat dan lainnya. Atau Anda juga memanfaatkan media sosial untuk publikasinya. 

Apabila Anda menggunakan media sosial, ada baiknya Anda melakukan promosi produk secara rutin. Promosi tersebut bisa berupa informasi mengenai produk serta manfaatnya. 

Jika perlu Anda bisa menyertakan testimoni pelanggan yang telah menggunakan produk. 

Setelah itu, Anda tinggal duduk manis sambil minum kopi sambil menunggu orderan yang masuk dari para pelanggan. 

Itulah enam cara daftar online shop yang bisa Anda lakukan. Setelah itu, Anda tidak serta merta berdiam diri saja. Anda harus lebih fokus berbisnis apalagi jika menggunakan marketplace Blibli. 

Sebaiknya segera promosikan produk yang Anda jual melalui platform tersebut. Agar cepat dikenal dan Anda bisa segera meraup keuntungan dengan maksimal.

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.