90 Orang Calon Tenaga Kerja di Kota Pariaman Ikuti Seleksi Untuk Dikirim Bekerja ke Korea Selatan


Pariaman --- Jelang dikirim ke perusahaan HD Hyundai’s Heavy Industry, Korea Selatan (Korsel), khususnya pada pekerjaan welding atau pengelasan kapal, sebanyak 90 orang calon tenaga kerja di Kota Pariaman mengikuti tahapan seleksi verifikasi data yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Offshore Technology Institute (OTI) Batam/Kiat Global Batam Sukses (Geweld), Kota Batam di Aula Pertemuan Dinas PMPTSP Naker Kota Pariaman, Kamis (6/4/2023).


LPK OTI Batam/Kiat Global Batam Sukses (Geweld), adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan tenaga kerja yang profesional, dimana sektor potensial yaitu : jasa, perdagangan, industri pengolahan (manufaktur), konstruksi, sedangkan kejuruan unggulan mereka adalah teknik las, bangunan, teknik elektronika, teknik manufaktur.


Walikota Pariaman, Genius Umar berpesan agar anak-anak untuk serius dan semangat mengikuti pelatihan nanti dibatam. Karena Pemko Pariaman memperjuangkan biaya untuk pelatihan ini.


Genius mengatakan, ini merupakan tindaklanjut hasil kunjungan kerjanya ke Korea Selatan beberapa waktu yang lalu, untuk menjeput bola dan membuka peluang kesempatan kerja ke Korea Selatan bagi anak-anak Kota Pariaman yang kurang mampu dari segi ekonomi namun memiliki skill dan kemampuan sesuai kriteria yang diminta oleh perusahaan tersebut.


“Kita tidak ingin anak-anak Kota Pariaman itu nganggur dan banyak duduk-duduk dikedai dan menghabiskan waktu. Kita ingin anak-anak Kota Pariaman itu sukses dirantau dan bisa membawa keluarganya keluar dari kemiskinan ,” tegasnya.


Wako juga menuturkan, pergi merantau keluar negeri itu bagian dari pendidikan, kita bisa tau bagaimana negara-negara berkembang.


“Kita berharap kalian bisa menjadi pioner sebagai anak-anak Kota Pariaman yang bisa pergi keluar negeri dan membuka wawasan yang luas. Ia berharap nantinya anak-anak ini bisa kembali ke Indonesia dengan ilmu dan pengalaman kerja yang bisa dibagikan ,” ucapnya.


Sementara untuk yang belum lulus, jangan berkecil hati dan harus tetap semangat, nanti kita buka untuk tahap selanjutnya ,” tutup Genius.


Sementara itu, Heru, Pengajar LPK Geweld Batam mengatakan, hari ini kita melakukan seleksi verfikasi data apakah sesuai syarat keahlian yang diminta.


“Untuk gelombang pertama, sebanyak 40 orang yang dinyatakan lulus seleksi akan mengikuti pelatihan selama 16 hari di LPK OTI Batam/Kiat Global Batam Sukses (Geweld) ,” ujar Heru.


Dilanjutkan setelah itu, peserta akan mengikuti les bahasa yang diselenggarakan oleh dari Kemenaker RI secara online. Kemudian mereka akan mendapatkan serifikat industri internasioanal, dan selanjutnya akan dikirim ke Korea Selatan pada bulan Mei mendatang.


Heru menjelaskan, dimana di tempat kerja di Korea nanti, mempunyai fasilitas yang baik, dan mempunyai gaji berkisar 30-40 juta rupiah perbulan. (Rel)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.