MAN Insan Cendikia Padang Pariaman Terima Murid Baru Tahun Ajaran 2016/2017, Ali Mukhni Berharap Banyak Diterima Putra dan Putri Padang Pariaman -->

MAN Insan Cendikia Padang Pariaman Terima Murid Baru Tahun Ajaran 2016/2017, Ali Mukhni Berharap Banyak Diterima Putra dan Putri Padang Pariaman

Jumat, 01 April 2016, 15.34.00

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Ketika Memberikan Sambutan Beberapa Waktu Lalu



Paritmalintang,BANGUNPIAMAN.COM-----Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia yang terletak di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariamn tahun ajaran 2016/2017 akan menerima siswa baru. Bagi yang berminat untuk bersekolah di sekolah agama dibawah naungan Kementrian Agama Republik Indonesia tersebut, persiapkanlah diri sedini mungkin.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni seperti dalam rilis yang dikeluarkan Humas Kabupaten Padang Pariaman, sangat berharap MAN Insan Cendikia ini lebih banyak menerima putra dan putri terbaik Padang Pariaman. 

“ Karena seleksinya cukup ketat diintruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk berkoordinasi dengan Kamenag Kabupaten Padang Pariaman untuk sesegera mungkin melakukan bimbingan belajar kepada para calon pendaftar nantinya,” kata Bupati Ali Mukhni, Jumat (01/4/2016), usai wirid mingguan ASN Pemkab Padang Pariaman, di Mesjid Agung Syekh Burhanuddin Ulakan. 

Sekilas Tentang MAN Insan Cendekia

MAN Insan Cendekia (dikenal juga dengan nama MAN IC atau INCEN ) adalah sebuah Madrasah Aliyah Negeri setingkat Sekolah Menengah Atas berasrama yang terletak di 9 tempat di seluruh indonesia dan dibina oleh kementerian agama. Mereka adalah: MAN IC Serpong (168 siswa), MAN IC Gorontalo (120 siswa), MAN IC Jambi (120 siswa), serta MAN IC Aceh Timur, MAN IC OKI Sumsel, MAN IC Siak Riau, MAN IC Bangka Tengah Babel, MAN IC Paser Kaltim, dan MAN IC Pekalongan Jateng yang masing-masing menerima 96 siswa.

 Sekolah yang didirikan oleh Prof. Dr. -Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie melalui BPPT ini menerapkan prinsip keseimbangan antara penguasan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa. MAN Insan Cendekia menyeleksi secara ketat calon siswanya dengan mengadakan tes seleksi yang dilaksanakan di 20 provinsi di seluruh Indonesia.[1] Sejak tahun 2010 semua siswanya mendapatkan beasiswa penuh dan parsial di setiap kampus yang ada.

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah berencana mengoperasikan 8 MAN Insan Cendekia baru pada 2016 yaitu (1). MAN IC Sorong Papua Barat; (2). MAN IC Tanah Laut Kalsel; (3). MAN IC Batam Kepri; (4). MAN IC Bengkulu Tengah Bengkulu; (5). MAN IC Kota Kendari Sulawesi Tenggara; (6). MAN IC Palu Sulawesi Tengah; (7). MAN IC Padang Pariaman Sumbar dan (8). MAN IC Sambas Kalbar

Sejarah
Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam penguasaan IPTEK yang didasari nilai keimanan dan ketakwaan, pada tahun 1996 atas ide dari Prof. Dr. -Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, BPPT mendirikan Magnet School yang nantinya berubah namanya menjadi SMU Insan Cendekia di Serpong dan di Gorontalo melalui program penyetaraan IPTEK STEP (Science and Technology Equity Program) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren. 

Pada tahun pelajaran pertama (1996/1997), penerimaan siswa SMU Insan Cendekia diprioritaskan bagi siswa-siswi SMU/MA kelas satu dan siswa-siswi lulusan SMP/MTs berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah Islam lainnya. Akan tetapi, mulai tahun pelajaran kedua (1997/1998) SMU Insan Cendekia memberi kesempatan pula kepada siswa-siswi SLTP umum dan MTs, baik negeri maupun swasta. (Darwisman/Dari Berbagai Sumber)

TerPopuler