Tip Menghadapi Ujian Nasional Menurut Psikolog Ayu Winduyaningrum.M.Psi -->

Tip Menghadapi Ujian Nasional Menurut Psikolog Ayu Winduyaningrum.M.Psi

Minggu, 03 April 2016, 17.31.00


Ujian Nasional Tingkat SLTA Mulai Senin April 2016 akan digelar, di seluruh wilayah Indonesia. Sejumlah Sekolah telah mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti ujian akhir tersebut. Meskipun UN tahun 2016 tidak lagi menjadi penentu kelulusan, bukan berarti untuk menghadapinya tidak diperlukan persiapan. Berikut ini beberapa tips belajar efektif oleh Psikolog Ayu Winduyaningrum, M.Psi :

Ciptakan Suasana Nyaman dan Kondusif Dalam Belajar
Setiap orang memiliki cara dan kesukaan yang berbeda dalam belajar. Misalnya dengan mendengarkan musik atau lagu yang sesuai dengan mood untuk membangkitkan semangat belajar. Perpustakaan atau taman dapat menjadi alternatif pilihan tempat belajar yang lebih bervariasi sehingga tidak mudah bosan. Belajar dan berdiskusi bersama teman juga dapat membantu untuk lebih memahami materi pelajaran.

Belajar di Waktu Santai
Serius tapi santai! Belajar serius dengan situasi yang santai dan nyaman tentu akan dapat mengoptimalkan hasil belajar. Belajar juga akan sangat menyenangkan bila dalam kondisi tubuh yang bugar. Bangun pagi dengan udara yang masih segar, sehingga pelajaran akan terserap lebih baik. Setiap orang memiliki waktu belajar masing-masing. Tapi ingat ya, sistem kebut semalam lebih baik tidak dipakai jika ingin mendapatkan hasil maksimal.

Olahraga
Olahraga rutin untuk menjaga stamina tubuh dan kondisi tetap sehat menjelang ujian. Tidak perlu olahraga berat, menyisihkan waktu 30 menit setiap hari untuk sekadar jalan kaki dan menggerakkan anggota tubuh lainnya akan mengembalikan energi yang terkuras karena belajar.

Buat Catatan Materi yang Sudah Dipelajari.
Buat catatan atau ringkasan untuk membantu mengingat materi yang telah dipelajari. Gunakan tulisan, gambar, atau warna yang menarik. Teknik mindmap juga dapat digunakan selain untuk mencatat juga untuk untuk membantu dalam memahami materi.

Kenali Kata-kata Kunci
Kenali kata kunci dalam memahami materi dan membantu mengingat. Misalnya dengan membuat singkatan “MEJIKUHIBINIU” untuk warna pelangi yaitu merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila dan ungu. Mudah bukan?

Latih Kemampuan Penyelesaian Soal
Belajar tidak melulu dilakukan dengan menghafal. Untuk mengukur kemampuan kita, salah satunya bisa dengan melatih kemampuan pemecahan masalah melalui soal-soal latihan. Gunakan soal-soal prediksi atau kisi-kisi ujian yang sudah disiapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Berdoa dan Minta Restu Orang Tua
Selain berusaha dengan belajar, jangan lupa untuk berdoa. Sebelum berangkat ke sekolah jangan lupa pamitan dan minta restu dari orang tua.

Istirahat Yang Cukup
Ingat, otak dan tubuh perlu istirahat. Jangan karena terlalu semangat menghadapi ujian jadi lupa istirahat.


Jaga Asupan Gizi
Selama belajar, tubuh mengeluarkan energi yang tidak sedikit. Oleh karena itu harus diimbangi dengan gizi yang cukup. Makanan bergizi tidak perlu mahal. Yang penting semua zat yang diperlukan tubuh terpenuhi seperti : tempe, tahu, ikan, ayam, sayur-sayuran, dan susu.

Catat Jadwal UN dan Datang Lebih Awal
Catat jadwal UN dengan baik, jangan sampai lupa hari ujian ataupun salah materi yang diujikan. Datang lebih awal ke lokasi ujian, jangan sampai terlambat. Datang lebih awal akan memberikan waktu yang cukup untuk istirahat sebelum memulai ujian

Berpikiran Positif dan Percaya Diri
UN adalah pengukur sejauh mana kompetensimu di beberapa mata pelajaran. Belajar dengan baik dan berpikiran positif terhadap ujian. Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki sehingga tidak perlu menyontek ataupun khawatir dengan ujian yang akan dilakukan

Demikian tips belajar efektif untuk lebih mempersiapkan diri jelang pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2016. (Sumber Internet)


TerPopuler