Star Etape 6 Tour de Singkarak di Pantai Tiram, Jadi Ajang Promosi Pariwisata Padang Pariaman -->

Star Etape 6 Tour de Singkarak di Pantai Tiram, Jadi Ajang Promosi Pariwisata Padang Pariaman

Kamis, 11 Agustus 2016, 17.55.00
Bupati Ali Mukhni, Wabup Suhatri Bur bersama Forkopimda berfoto dengan pembalap SepedaTDS senelum start etape 6 di Pantai Tiram, Ulakan Tapakis, Kamis (11/6) (Fhoto Humas)

Ulakan Tapakis, BANGUNPIAMAN.COM---- Start etape 6 Tour De Singkarak (TDS) 2016 yang berlangsung di Pantai Tiram Kecamatan Ulakan Tapakis berlangsung meriah. Ratusan pengunjung pecinta olahraga sepeda memadati sepanjang kawasan pantai yang menjadi lokasi Grand Opening TDS tabun 2014 lalu. Berbagai pagelaran kesenian dan promosi kuliner digelar juga di lokasi start tersebut. Seperti, kesenian Indang , lagu Minang, diadakan untuk menghibur pengunjung yang datang.

Ada pula tarian Pasambahan dibawakan oleh mahasiswa asing dari mancanegara. Uniknya lagi, pembalap TDS disuguhi makanan berbahan pangan lokal terbuat dari beras, jagung, ubi, dan pisang. Seperti jagung rebus, pisang rebus, kacimuih, bubur putih dan menikmati secangkir minuman coklat panas.

“Tadi, seperti yang disampaikan Pejabat Dinas Pariwisata Sumatera Barat, acara Start etape 6 lebih baik dari etape sebelumnya,“ kata Bupati Ali Mukhni usai melepas peserta TDS di garis start di Pantai Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kamis (11/8).

Dikatakannya bahwa ajang TDS memberikan dampak positif untuk promosi dan potensi Pantai Tiram sebagai pusat wisata bahari dan kuliner di Sumatera Barat.

"Bisa kita lihat hari Sabtu dan Minggu banyak pengunjung yang berwisata di kawasan Pantai Tiram dan kawasan Syech Burhannudin. Tentunya ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Wakil Bupati Suhatri Bur.

Menurut Ali Mukhni, Pantai Tiram khususnya dan wilayah Padang Pariaman umumnya terbuka bagi investor yang berinvestasi dan beliau berjanji memberikan kemudahan dalam masalah perizinan.

“Sepanjang persyaratan lengkap dan sesuai aturan, maka 1x24 jam kita keluarkan izin prinsipnya,” katanya. Orang nomor satu di Padang Pariaman itu meyakinkan bahwa berinvestasi di kawasan pantai Tiram sangat menjanjikan. Didukung dengan keberadaan BP2IP yang tidak jauh dari pusat kuliner tersebut. Artinya ribuan taruna BP2IP mestinya akan memadati kawasan pantai tersebut untuk berwisata bersama keluarga.

Kedepan, tambah Ali Mukhni, kawasan pantai Tiram akan dilengkapi infrastruktur penunjang sesuai dengan grand desain untuk destinasi wisata seperti pelebaran jalan dengan aspal hotmix, pembangunan jembatan dan lain sebagainya.

Sementara Kadis Porabdupar, Syafriwal mengatakan sebanyak 84 peserta tds dari 31 tim dan 25 negara turut ambil bagian pada etape ke 6. Adapun jarak tempuh pada etape 6 ini sepanjang 151 km mulai dari pantai Tiram - Kampung Gelapung - Pauh Kambar - Parit Malintang - Lubuk Alung - Fly Over Duku - dan finish di kota Sawahlunto. Di sepanjang jalan yang dilewati ditonton oleh masyarakat sekaligus memberikan semangat peserta TDS.

"Kita ucapkan terima kasih dukungan seluruh pihak atas suksesnya pelaksanaan start etape 6. Semoga Padang Pariaman memberikan dampak positif bagi kemajuan wisata serta dikenal oleh dunia luar," kata mantan Sekretaris Inspektorat itu.(darwisman/humas)

TerPopuler