Wawako Genius Umar : Pesta Budaya Tabuik Yang Sudah Dilaksanakan Semenjak Tahun 1826, Adalah Lokomotif Wisata Pariaman

Wawako Genius Umar : Pesta Budaya Tabuik Yang Sudah Dilaksanakan Semenjak Tahun 1826, Adalah Lokomotif Wisata Pariaman

Kamis, 22 September 2016, 16.30.00
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM--Tahukah anda, ternyata pesta budaya tabuik Pariaman sudah dilaksanakan semenjak tahun 1826 lalu. Makanya pesta budaya tabuik terus dipertahankan hingga saat ini.

Menurut Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, pesta budaya tabuik dari waktu ke waktu harus ada perobahan, sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di Pariaman."Karena tabuik adalah tulang punggung dan lokomotif wisata budaya kita, Tabuik milik masyarakat yang difasilitasi oleh Pemko Pariaman," katanya Kamis 22 September 2016 di Pariaman, usai rapat koordinasi penyelenggaran pesta budaya tabuik 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata, Efendi Jamal selaku Ketua Panitia pelaksanaan pesona hoyak tabuik Piaman 1438 H/2016M mengatakan,   pelaksanaan even ini sudah dipromosikan melalui media elektronik dan pemasangan baliho tabuik diluar Daerah Kota Pariaman. " Promosi tabuik selalu kita tingkatkan sehingga Festival Budaya Tabuik masuk 5 besar atraksi tradisional terpopuler di Indonesia,"katanya

Kemudian, tambah Efendi Jamal,  agar masyarakat paham tentang budaya tabuik, Pemerintah Kota Pariaman menyelenggarakan seminar tentang Ritual tabuik untuk mengupas permasalahan ritual tabuik dalam perspektif budaya sehingga dapat menyatukan pandangan dan persepsi yang sama.

Penyelenggaraan Pesona Hoyak Tabuik rencana diselenggarakan dari tanggal 2-16 Oktober 2016, pembuatan tabuik dikerjakan di Rumah Tabuik Pasa dan Subarang. selama acara prosesi tabuik mulai dari ritual ma ambiak tanah sampai tabuik dibuang ke laut pada malam harinya pengunjung akan disuguhkan dengan acara lomba dan kesenian rakyat yang berasal dari dalam dan luar Kota Pariaman di lapangan merdeka.

Rapat persiapan pesona tabuik Pariaman 2016 dipimpin langsung Wakil Walikota Pariaman Genius Umar juga dihadiri Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh. Endro Nurbantoro, Sekdako Indra Sakti, Kabag Ops Polres Pariaman Kompol Syahril, Kadis Budpar Kota Pariaman Efendi Jamal, Kepala SKPD, Kabag, Camat dan para Tuo Tabuik dan panitia Tabuik (wis/humas)

TerPopuler