Wawako Genius Umar Serahkan Premi Asuransi Kepada 243 Nelayan

Wawako Genius Umar Serahkan Premi Asuransi Kepada 243 Nelayan

Rabu, 18 Januari 2017, 18.34.00
Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius Umar Didampingi Kepala Dinas Perikanan Dasril Fhoto Bersama Dengan Nelayan Yang Menerima Premi Asuransi. ( Fhoto : Humas )

" 243 Nelayan di Kota Pariaman Terima Premi Asuransi "

Wawako Pariaman Genius Umar Didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ketka Menyerahkan Kartu Asuransi Nelayan
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius Umar, Rabu 18 Oktober 2016,  menyerahkan premi asuransi kepada 243 nelayan di Kota Pariaman. Asuransi ini bertujuan untuk memberikan jaminan perlindungan atas resiko yang dialami oleh nelayan dalam bekerja.

Menurut Wawako, sesuai UU No.7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam pada tahun lalu. Dijelaskan salah satu upaya pemerintah untuk melakukan perlindungan bagi nelayan maupun keluarganya melalui kegiatan pemberian bantuan premi asuransi.

"Tingkat konsumsi ikan di Kota Pariaman di tahun 2015 lalu yang mencapai 35,5 kilogram per kapita per tahun, sedangkan target konsumsi ikan yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hanya sebesar 34 kilogram per kapita per tahun," ulas Wawako.
Inilah Kartu Asuransi Nelayan Yang Diterima Nelayan Pariaman

Sementara itu, Kepala Perikanan dan Kelautan Kota Pariaman, Dasril mengatakan kedepannya akan dilakukan verifikasi lanjutan agar bisa tepat sasaran selama 1 tahun efektif. Besaran santunan yang diberikan pemerintah meliputi, kecelakaan aktivitas penangkapan ikan, apabila meninggal Rp200 juta, cacat maksimal Rp100 juta, biaya pengobatan maksimal Rp20 juta.

"Kemudian, santunan kecelakaan akibat selain melakukan aktivitas penangkapan ikan, untuk meninggal Rp160 juta, cacat maksimal Rp100 juta dan pengobatan maksimal Rp20 juta," jelasnya.

Sebanyak 243 dari 268 nelayan yang diajukan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk memperoleh Premi Asuransi Nelayan ini sudah dapat, sisanya 25 nelayan lagi yang akan diupayakan dari daerah dan diajukan lagi untuk tahun berikutnya.

WIS/HMS

TerPopuler