HARGANAS Ke XXIV Tahun 2017, Dipusatkan di Kota Bukitinggi

HARGANAS Ke XXIV Tahun 2017, Dipusatkan di Kota Bukitinggi

Jumat, 28 Juli 2017, 19.46.00
Penandatanganan Generasi Berencana se Sumatera Barat oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua TPPKK Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno dan Deputi KB/KS BKKBN Pusat Dwi Listia Wardani.
Tanah Datar, BANGUNPIAMAN.COM -- Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXIV Tahun 2017 di Sumatera Barat dipusatkan di Kota Bukittinggi. Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap tahun tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional. Penyelenggaraan peringatan Harganas tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja, dan swasta tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga dan pembentukan karakter sejak dini.

Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumbar H. Nasruddin sampaikan Peringatan Harganas ke XXIV tahun 2017 kali ini mengangkat tema " Kita bangun karakter bangsa melalui keluarga yang berketahanan menuju Indonesia sejahtera". Kita berharap kedepan Sumatera Barat memiliki keluarga yang kuat dan tahan dari segala hal sehingga bangsa ini akan sejahtera, ucapnya, Kamis (27/07) di Lapangan Kantin Wirabraja Kota Bukittinggi.

Harganas XXIV juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti aksi Generasi Berencana (Genre),  gelar dagang dengan melibatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), usaha kecil dan menengah (UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Barat, yang pemenang lomba diumumkan pada saat peringatan tersebut.

Ketua TPPKK Prov. Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno menyampaikan,  keluarga sebagai tempat naungan jadi harus tahan, sehingga sukses dan dapat menjalankan 10 program pokok PKK, sekaligus ia ucapkan selamat hari Keluarga Nasional ke-XXIV dan jadikan Sumatera Barat sebagai Keluarga yang tahan, ucapnya.

Pada kesempatan yang sama juga dibacakan Deklarasi Remaja sekaligus penandatanganan Generasi Berencana se Sumatera Barat oleh Wakil Gubernur Sumbar, Ketua TPPKK Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno dan Deputi KB/KS BKKBN Pusat.

Deputi KB/KS BKKBN Pusat Dwi Listia Wardani menyebutkan  Sumbar banyak meraih penghargaan dan capaian indikator yang memuaskan dalam berbagai kegiatan. Sesuai dengan deklarasi yang diucapkan ia sampaikan agar ini benar dilaksanakan seperti menghindari perkawinan dini, narkoba dan lain lain jadi tren positif lebih dikemukakan.

Kepada orang tua ia ingatkan akan bahaya pergaulan bebas, dan yang saat ini juga sedang hangat di pemberitaan seperti Bullying agar dapat kita antisipasi, supaya tidak terjadi di lingkungan keluarga kita, ucapnya.

Kepada Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota diucapkan terima kasih dan  apreseasi atas upaya yang telah dilakukan dibidang ketahanan keluarga sehingga upaya menciptakan keluarga sejahtera dapat kita wujudkan bersama.

Sementara itu Wakil Gubernur Nasrul Abid dalam sambutannya sampaikan atas nama Pemprov ucapkan selamat Harganas kepada semua keluarga di seluruh daerah, serta beri apreseasi tema yang diangkat, karena keluarga adalah awal dari perkembangan, disini adanya kedamaian, cinta, keharmonisan dan kebahagiaan, sampainya.

Keluarga yang berketahanan adalah keluarga yang tangguh yang dapat menopang pembangunan di berbagai sektor, jadi merupakan tanggungjawab kita bersama.

Jumlah penduduk terus meningkat jadi ekonomi harus kuat untuk menopang ini semua. Melalui program KKBPK tidak hanya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk semata namun harus mampu membangun dan menciptakan keluaga yang mandiri, ucap Wagub menambahkan.

Ditempat terpisah Ketua TPP-PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah juga jelaskan akan pentingnya ketahanan keluarga menjadi momentum untuk menjalankan fungsi-fungsi keluarga secara optimal di tengah masyarakat, juga bisa untuk mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan fungsi keluarga, pungkasnya.

Menurutnya, menjalankan delapan fungsi keluarga sangat penting untuk menjaga ketahanan keluarga. Delapan fungsi keluarga tersebut antara lain fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial dan pendidikan. Selain itu, ada juga fungsi ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan. Karena itu, BKKBN mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjalankan fungsi-fungsi dalam keluarga, sambungnya.

Kepada Puskesmas Lintau Buo III yang raih juara tiga Puskesmas MKJP Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang dan Kelompok UPPKS Usaha Peningkatan Perekonomian Keluarga Sejahera Kelompok Tanjuang Bungo Kecamatan Padang Ganting yang meraih peringkat tiga tingkat Provinsi Sumatera Barat Ny. Emi Irdinansyah ucapkan selamat dan beri apreseasi dan berharap kedepan agar dapat berbuat lebih lagi sehingga bisa mencapai juara pertama di tingkat provinsi, ucapnya.

Pada acara yang sama juga diserahkan Penghargaan ATTG pada UPPKS Kota Bukittinggi yang diserahkan langsung Deputi KB/KS Bkkbn Pusat. Pengukuhan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Jalur Luar Sekolah oleh Wakil Wali Kota Bukittinggi. Turut mengadiri acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Mukhlis dan Kadis DPMD-PPKB Drs. Adrion Nurdal.

http://www.pasbana.com/2017/07/jadikan-masyarakat-sumbar-sebagai.html
www.pasbana.com.

TerPopuler