14 Parpol di Padang Pariaman, Dinyatakan Memenuhi Syarat

Paritmalintang, BANGUNPIAMAN.COM---Sebanyak 14 parpol yang terdaftar di KPU Padangpariaman, semua dinyatakan memenuhi syarat, seperti yang ditetapkan pihak KPU lewat sidang pleno digelar Kamis (8/2) siang.

Ketua KPU Padang Pariaman, Zulfami, di sela-sela Pleno Terbuka KPU Kamis kemarin di Hotel Minang Jaya Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman, pleno yang digelar KPU Padangpariaman Kamis kemarin merupakan penetapan hasil verifikasi terhadap partai politik yang dilakukan pihak KPU sebelumnya.

 “Untuk selanjutnya hasil penetapan ini akan kita sampaikan ke KPU Provinsi dan KPU RI. Selanjutnya KPU RI nantinya yang akan menetapkan parpol yang dianggap memenuhi syarat sebagai parpol peserta pemilu nantinya,” terangnya.

Lebih jauh disebutkan, penetapan hasil  verifikasi yang berlangsung Kamis kemarin antara lain didasarkan pada UU Nomor 6 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 5 Tahun 2018. Menurut Zulfami, dari 14 parpol yang hasilnya verifikasinya telah ditetapkan Kamis kemarin,  sebanyak tiga parpol diantaranya berasal dari parpol  baru dan 11  lainnya parpol lama.

Seperti diketahui lanjutnya, dalam verifikasi yang dilakukan KPU sebelumnya, antara lain mencakup kepengurusan parpol, sekretariat atau alamat kantor, tentang keanggotaan dan keterwakilan 30 persen perempuan,  Seperti terungkap Kamis kemarin, penetapan hasil verifikasi yang digelar KPU Padangpariaman juga dibarengi dengan penyerahan nota hasil penetapan kepada masing-masing parpol. Sejumlah pimpinan parpol yang hadir dalam kesempatan itu terlihat sangat antusias mengikuti jalannya acara.

Di pihak lain, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan Suarni Murad mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar KPU Kamis kemarin. Pihaknya juga tak luput mengimbau agar seluruh parpol nantinya bisa bersama-sama mendukung tugas KPU dalam rangka mewujudkan pemilu yang damai dan tertib di Kabupaten Padangpariaman.

 “Karena seperti diketahui, dalam beberapakali penyelenggaraan pemilu sebelumnya, baik itu pemilu legislatif maupun pemilu pilpres, Kabupaten Padangpariaman selalu mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Makanya tak heran bila akhirnya kelancaran pelaksanaan KPU di daerah ini kerap dijadikan barometer bagi suksesnya penyelenggaraan pemilu di Provinsi Sumatera Barat,” tegasnya.

Karena itulah Bupati Ali Mukhni mengingatkan dan mengimbau semua pihak di Kabupaten Padangpariaman, khususnya parpol peserta pemilu agar tetap bisa menjaga semangat kebersamaan dan persatuan yang telah terbina dengan baik di tengah kehidupan masyarakat Padangpariaman selama ini. Jadi meski berbeda pilihan  namun hal itu hendaknya jangan sampai menggoyahkan semangat persatuan dan kebersamaan yang terbina dengan baik selama ini.

Hadir dalam acara kemarin, antara lain jajaran KPU Padangpariaman, jajaran Panwas, Unsur Forkopinda, jajaran Pemerintah Daerah serta pimpinan parpol   lainnya. (IB)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.