HARKONAS Tahun 2018 di Kota Pariaman, Dimeriahkan Dengan Gerak Jalan Santai - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Minggu, 06 Mei 2018

HARKONAS Tahun 2018 di Kota Pariaman, Dimeriahkan Dengan Gerak Jalan Santai

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Ketika Membuka Gerak Jalan Santai Pada Acara Hari Konsumen Nasional, Minggu 6 Mei 2018 ( Fhoto : Kominfo Pariaman )
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2018, Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman gelar acara Jalan Santai berhadiah yang dipusatkan dengan lokasi Start dan Finish di Pantai Kata Kota Pariaman dengan mengangkat tema "Konsumen Cerdas di Era Digital Sadar Akan Jaminan Sosial" yang diawali dengan senam sehat pagi, Minggu (6/5) pagi.

Acara di ikuti dan dilepas langsung Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Kepala OPD Pemko Pariaman, Pimpinan BUMN se-Kota Pariaman dengan peserta dari ASN Pemko Pariaman dan warga masyarakat Kota Pariaman.

Menurut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Perindagkop UKM) Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit , warga Kota Pariaman makin cerdas dan memahami hak-hak sebagai konsumen.

Meningkatnya pemahanan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah perkara sangketa konsumen yang diproses di Badan Penanganan Sangketa Konsumen (BPSK) Kota Pariaman."Saat ini jumlah penanganan sangketa konsumen yang ditangani BPSK pada 2018 ini telah mencapai 9 perkara sangketa, rentang Januari hingga Mei 2018," ulasnya.

Gusniyetti menambahkan, dari 9 sangketa yang diadukan konsumen ke BPSK, permasalahan dengan perusahaan finance atau leasing paling menonjol mencapai 6 sangketa. Kemudian adalah sangketa konsumen dengan PLN, RSUD Pariaman."Sengketa yang dilaporkan BPSK Kota Pariaman pada 2017 dan 2018, seluruhnya telah dimediasi,"ulasnya

Wako Mukhlis Rahman, usai melakukan Jalan Santai  dalam sambutannya menuturkan cara menjadi konsumen yang cerdas di era digital ini yaitu harus teliti sebelum membeli seperti pastikan produk bertanda jaminan mutu SNI.

" Beli sesuai kebutuhan bukan keinginan, perhatikan lebel dan masa kadaluwarsa dan pastikan berbelanja ditempat timbangan akur, alat ukur akur, alat takar ukur," sambungnya. Kemudian yang paling penting, singkat Mukhlis jangan menjadi konsumen yang konsumtif tapi menjadi konsumen yang cerdas dengan berbelanja sesuai kebutuhan. (Rel/Harsyi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad