Bupati Ali Mukhni Kunjungi Lokasi Sasaran TMMD di Korong Gumali Bukit Jaring Kuranji Hilir - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 27 Februari 2019

Bupati Ali Mukhni Kunjungi Lokasi Sasaran TMMD di Korong Gumali Bukit Jaring Kuranji Hilir

Sungai limau, BANGUNPIAMAN.COM--- Usai memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 di Bumi Perkemahan Imamah Korong Kamumuan Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni melakukan kunjungan ke lokasi sasaran TMMD di Korong Gumali Bukit Jariang Nagari Guguak Kuranji Hilir bersama Dandim 0308/Pariaman Letkol Inf. Heri Pujiyanto, S.Sos.

Juga didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Erman, S.Sos, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil M. Fadhly, S.AP, MM, Kepala Dinas PUPR Buyung Oktorizal, ST, MT, Kabag Humas Andri Satria Masri, Camat Sungai Limau Devriathos pejabat teras Makodim 0308/Pariaman, anggota Persit Kartika Chandra dan beberapa wartawan Selasa (27/02).

Kunjungan ke lokasi awalnya menempuh jalan nagari yang beraspal mulus sepanjang 4 Km lebih. Tinggal 2 Km sebelum sampai di lokasi rombongan yang berjumlah hampir 100 orang itu sebagian besar turun dari mobil dinas kemudian menaiki puluhan motor dinas milik Kodim 0308/Pariaman yang sudah disiapkan sebelumnya.

Bupati, Dandim, Kepala Dinas dan hampir semua anggota rombongan menaiki puluhan motor menuju lokasi sasaran yang tinggal 2 km lagi kecuali anggota Persit Kartika Chandra yang tetap menggunakan bus yang membawa mereka dari Pariaman.

Jalan yang akan ditempuh menuju lokasi sasaran sebenarnya tidak begitu rusak parah, namun beberapa titik jalan mendaki dan menurun terjal dengan batuan kerikil menutupi badan jalan.

Pada tiga titik terdapat jalan yang dibuka baru hasil dari pemotongan dinding bukit dan masih dalam pengerasan. Rombongan Bupati dan Dandim menggunakan motor pun terpaksa menempuh jalur sungai yang airnya tidak begitu dalam. Di lokasi sasaran Bupati dan rombongan berhenti di sasaran rehab rumah tidak layak huni kemudian dilanjutkan ke lokasi sasaran terakhir rehab masjid.

Bupati mengapresiasi kegiatan dan program TMMD Kodim 0308/Pariaman. "Kegiatan TMMD yang kita laksanakan dari waktu ke waktu, telah secara nyata memberikan bukti membantu pemerintah daerah dalam memberikan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," puji Ali Mukhni kepada Dandim.

"Namun semua capaian tersebut tentu tidak menghentikan jajaran TNI untuk berkiprah dan terus menerus melakukan evaluasi dan penyempurnaan, agar program TMMD selalu tetap relevan dan membawa manfaat nyata bagi kehidupan masyarakat," ujar Bupati yang terlihat semangat meninjau lokasi TMMD.

"Kita akui bahwa masih banyak daerah di Padang Pariaman yang belum tersentuh pembangunan karena APBD kita yang tidak cukup untuk membenahi semua fasilitas umum di pelosok Padang Pariaman, apalagi

Menurut Bupati dua periode itu, TMMD dapat mempercepat proses pembangunan dan peningakatan kesejahteraan masyarakat di desa/nagari, karena sasaran TMMD meliputi kegiatan fisik yang terdiri dari pembangunan insfratstruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Kemudian pembangunan rumah tidak layak huni dan terutama sasaran fisik pembukaan jalan diharapkan dapat membuka akses desa/nagari terisolir suatu daerah dengan daerah lainnya menuju pusat pusat pertumbuhan yang pada akhirnya dapat meningkatnya perekonomian masyarakat di lokasi tersebut.

Berdasarkan laporan Dandim 0308/Pariaman, kegiatan fisik yang akan dilaksanakan dalam TMMD Ke-104 adalah:
1. Peningkatan jalan sepanjang 4 x 3.600 meter
2. Pembangunan jembatan Plat 3 x 5,5 x 6 meter
3. Pemasangan Batu kali Talud 1 titik
4. Pemasangan gorong-gorong Ø 60cm 11 titik
5. Pembuatan jembatan 2 x 2 x 7 meter 1 unit
6. Pembuatan jembatan 60cm x 60cm meter 2 titik
7. RTLH (Rumah Tidak layak Huni) 2 unit
8. Rehab Mesjid 1 Unit
9. Rehab musholla 1 unit
10. Rabat beton 4,5m x 12cm x 80m

Sedangkan kegiatan non fisik adalah:
1. Sosialisasi Tentang PPDB
2. Sosialisasi tentang ujian nasional berbasis komputer
3. Sosialisasi pemutaran film pendidikan tentang kebudayaan
4. Penyuluhan dan pelayanan kesehatan
5. Penyuluhan tentang kesehatan lingkungan
6. Pemeriksaan iva
7. Melayani kegitan pelayanan KB
8. Pemeriksaan ibu hamil bayi dan balita
9. Sosialisasi pencegahan bahaya kebakaran dalam bentuk demonstrasi langsung di depan masyarakat
10. Bantuan bibit penghijauan tanaman
11. Bantuan bibit matoa dan waluh
12. Pelayanan pengurusan E KTP
13. Pemutaran Film KB
14. Penyuluhan
15. Bazar UKM pada hari pembukaan
16. Tari pasambahan untuk pembukaan
17. Sosialisasi ke nagari untuk memiliki perpustakaan
18. Perpustakaan keliling pada acara pembukaan
19. Melakukan penyuluhan teknik tanam, dan cara pemberantasan hama
20. Peminjaman alat untuk kelompok tani
21. Penyuluhan tentang AUTP
22. Simulasi/sosialisasi longsor, banjir, gempa di sasaran
23. Pamflet yang akan di bagikan pada masyarakat
24. Kegiatan penyuluhan pencegahan peredaran/ penggunaan minuman keras dan narkoba
25. Sosialisasi tentang keagamaan
26. Demontrasi Mitigasi penanggulangan Bencana

"Kegiatan non fisik dilaksanakan oleh OPD Pemkab Padang Pariaman dan instansi vertikal lainnya," jelas Heru Pujiyanto. (rel/wis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad