Padang Pariaman Jadi Lokus Visitasi PKN Jatim - BANGUN PIAMAN.COM : Portal Berita Online

Breaking

Selasa, 30 April 2019

Padang Pariaman Jadi Lokus Visitasi PKN Jatim


Parit Malintang, BANGUNPIAMAN.COM---Sebanyak 15 peserta Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Provinsi Jawa Timur kunjungi Kabupaten Padang Pariaman yang ditetapkan sebagai lokasi kunjungan atau visitasi ke best practice, Senin (29/04/2019).

Peserta yang terdiri dari pejabat eselon dua dari berbagai daerah di Indonesia itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, H. Jonpriadi, SE, MM didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Dewi Roslaini, SE, MM dan jajaran BKPSDM Kab. Padang Pariaman.

Rombongan dipimpin Siswo Herutoto, SH, M.Hum, MM dari BPSDM Provinsi Jawa Timur menjelaskan maksud kedatangan rombongan ke Kab. Padang Pariaman.

"Kami datang ke Kab. Padang Pariaman dalam rangka melakukan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) dalam rangka Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur," kata Siswo memulai.

BPSDM Provinsi Jawa Timur, kata Siswo melanjutkan, menyelenggarakan PKN Tingkat II ini dengan mengundang peserta pejabat eselon II seluruh Indonesia dengan total peserta sebanyak 60 orang kemudian dibagi menjadi empat kelompok masing-masing kelompok berjumlah 15 peserta dengan lokasi visitasi empat kabupaten/kota di Sumatera Barat.

"Kelompok yang ke Padang Pariaman ini adalah satu dari empat kelompok yang mengunjungi empat kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat. Selain ke Padang Pariaman ada kelompok yang ke Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Bukittinggi. Masing-masing peserta berjumlah 15 orang," jelasnya lagi.

Siswo juga menjelaskan bahwa visitasi ke Padang Pariaman akan melakukan observasi, mengumpulkan informasi, data dan dokumentasi tentang perkembangan dan pertumbuhan ekonomi khususnya usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Kabupaten Padang Pariaman.

"Dari pengamatan di lapangan peserta akan membuat laporan hasil observasi dan menyusun rekomendasi untuk Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terkait pengembangan UMKM di Padang Pariaman," pungkas Siswo.

Menyambut kedatangan VKN PKN BPSDM Prov. Jawa Timur, Sekda Jonpriadi mengaku senang dan bangga BPSDM Jawa Timur memilih Padang Pariaman sebagai lokus.

"Kami senang dan bangga, BPSDM Jawa Timur memilih Kabupaten Padang Pariaman sebagai lokasi VKN PKN Tingkat II. Suatu kehormatan bagi kami dan masyarakat Padang Pariaman," kata Jonpriadi senang.

Kami harap, lanjut Jonpriadi, bapak ibu peserta VKN PKN Tingkat II dapat melaksanakan VKN dengan lancar tanpa gangguan berarti dan kemudian menghasilkan rumusan rekomendasi yang dapat kami terapkan di Padang Pariaman.

"Kami sangat berharap bapak ibu yang berasal dari beberapa daerah tingkat provinsi, kabupaten kota bahkan kementerian dan lembaga, mendapatkan kesan yang sangat positif terhadap Padang Pariaman kemudian menceritakan kepada keluarga, rekan kerja di daerah masing-masing. Kami sangat senang jika bapak ibu mempromosikan Padang Pariaman kepada orang lain untuk datang ke sini," harap mantan Kepala Bappeda itu.

Setelah saling berdiskusi tentang pengembangan perekonomian, ditutup dengan saling bertkar cenderamata. Selanjutnya rombongan diantar oleh BKPSDM Padang Pariaman melakukan observasi ke empat pelaku UMKM yaitu: Leriska (Lele Asap), Arfam's (Olahan Durian) dan Coklat Malibau di Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam serta Ul Bordir (Bordir Mukena Minang) di Kecamatan Nan Sabaris. (rel/wis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Post Top Ad