Wawako Mardison Mahyuddin Minta Generasi Muda Memahami Idiologi Pancasila

Wawako Mardison Mahyuddin Minta Generasi Muda Memahami Idiologi Pancasila

Senin, 01 April 2019, 20.34.00
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Generasi muda harus paham makna idiologi pancasila. Pancasila adalah sebagai ideologi negara yang merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi negara.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin saat membuka kegiatan Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi siswa SLTA dan generasi muda Kota Pariaman, Senin (1/4/2019) di Aula Joyo Makmur Pariaman.

Acara yang diadakan oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman ini dihadiri Kepala Kesbangpol Kota Pariaman Efrizal, Dandim 0308 Pariaman Herry Pujianto sebagai narasumber, Karang Taruna Kota Pariaman, KNPI dan ratusan siswa SLTA Kota Pariaman.

Ia mengatakan, pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak, terutama bagi generasi muda di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi dewasa ini. Penerapan konsep wawasan kebangsaan yang baik, dapat membentuk manusia Indonesia seutuhnya serta menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, wawasan kebangsaan itu sangat penting bagi kita sebagai warga negara indonesia. Bangsa ini berdiri karena perjuangan yang begitu panjang, perjuangan para pahlawan kita tidak mudah, pertumpahan darah memperjuangkan kemerdekaan indonesia sampai bendera sangsaka merah putih bisa berkibar sampai saat sekarang.

Mardison juga mengimbau, agar masyarakat jangan termakan isu hoax yang tersebar di media belakangan ini. Jangan sampai musim pemilu ini menjadikan kita untuk saling bertengkar dan menghujat satu sama lain hanya karena beda pilihan pemimpin.

" Sebagai warga negara yang baik tetap gunakan hak suara anda dengan baik juga. Semoga pada pemilu nanti masyarakat tetap aman, damai dan tentram ," tutup dia.

Sementara Dandim 0308 Pariaman Herry Pujiyanto dalam materinya menyampaikan alasan pentingnya usaha pembelaan negara yang antara lain untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman dan menjaga keutuhan wilayah negara. Alasan lainnya, pembelaan negara itu merupakan kewajiban setiap warga negara dan juga merupakan panggilan sejarah.

(Rel/ Harsyi Warsilah)

TerPopuler