Pertahankan Tradisi Masyarakat Koto Marapak Gelar Pelatihan Pasambahan Kato

Pertahankan Tradisi Masyarakat Koto Marapak Gelar Pelatihan Pasambahan Kato

Jumat, 03 Mei 2019, 11.30.00
Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM----Petatah petitih yang lebih dikenal dengan pasambahan  dengan maksud untuk membangkitkan adat tradisi minangkabau yang kini bak ditelan bumi bagi generasi millenial umumnya  banyak yang tidak tahu dengan adat tradisi tersebut.

Acara yang digelar pada malam Jum’at (2/5/2019)  di Desa Koto Marapak kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman berlangsung seru, acara diikuti sebanyak puluhan generasi berbagai tingkatan.



Adapun tema yang diusung dalam acara tersebut ialah “Manjapuik Gadai yang lah lamo” maksudnya ialah adat tradisi kita sudah lama tidak diteruskan. Pada acara tersebut dimana dua orang pemuda saling berbicara menggunakan petatah dan petitih minang

"Tradisi ini sangat berguna dalam kehidupan bermasyarakat dalam lingkungan adat minangkabau, daerah yang dikenal kental dengan adat dan budaya yg tinggi sejak zaman dahulunya " kata Selamattul Asri selaku guru dari group pasambahan kato yang juga Kapalo Mudo.

Ia berharap tradisi ini mendapat perhatian khusus, dari  Pemerintah Kota Pariaman dan lembaga yang berkompeten dibidangnya. Karena kegiatan tersebut dilakukan secara  swadaya murni dari penggurus dan peserta pasambahan kato. (KLP)

TerPopuler