Festival Sala Lauk, Warnai Pariaman Expo 2019

Festival Sala Lauk, Warnai Pariaman Expo 2019

Rabu, 10 Juli 2019, 21.48.00
PARIAMAN, BANGUNPIAMAN.COM----Walikota Pariaman, Genius Umar membuka  Festival Sala Tahun 2019 dalam rangkaian kegiatan Pariaman Expo Tahun 2019 memperingati Hut Kota Pariaman yang ke-17 dan Hari Konsumen Nasional. yang bertempat di Pentas Seni Gandoriah Pariaman, Rabu(10/7/2019).

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan Festival Sala kita buat adalah makanan khas Pariaman dan sekarang kita kembangkan dengan bermacam-macam variasi baik dari rasa, bahan bakunya dan  bentuknya kemudian yang penting juga adalah higinis  kemudian petijing bagaimana kita mengemasyan sala lauk sehingga sala lauk ini menjadi brending dikota pariaman dan bisa dijual di  daerah-daerah lain dalam waktu yang lebih lama sekarang berapa jam dia sudah layu tetapi dengan petejing dengan baik bisa lebih tahan lama.

Seperti dodol garut atau pempek-pempek palembang kita buat naget sala ada sala rasa coklat,  rasa keju dan segala macamnya. Semua sala lauk yang ada diluar itu asalnya dari Pariaman hasilnya pasti lebih baik dari pada keturunannya.


Sekarang kita buat fastival sala  nanti kita bakukan  mana yang  menjadi  variannya bermacam-macam prodaknya dan kami juga membuat pameran di daerah lain mungkin di Pekanbaru dan kota padang untuk lebih kita bebumingkan sala ini.

Ajang untuk menduniakan sala lauk Kota Pariaman. Sala merupakan makanan tradisional masyarakat Pariaman.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit mengatakan Festival Sala Tahun 2019 Peserta festival sala lauk tersebut terdiri dari 100 tim dengan satu tim beranggotakan dua sampai tiga orang  yang berasal dari 71 Desa dan Kelurahan yang ada di Kota Pariaman.

“Kota Pariaman adalah salah satu penghasil makanan ringan yang terkenal di Sumatera Barat. Pariaman memiliki kekayaan kuliner yang tidak dapat dipisahkan dari hasil lautnya, salah satunya jenis gorengan yang disebut dengan sala lauk”, ujarnya.

“Saat ini sala lauk masih belum mengalami perkembangan, baik dari segi pengolahan maupun rasa dan ke khasan produk ini tidak begitu nampak. Untuk itu perlu pengembangan dan promosi yang lebih luas. Sehingga dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Pariaman dan dapat menjadikan Sala Lauk lebih mendunia”, harapnya.

Turut hadir ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny.Lucyanel Arlym Genius, Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Indriati Mardison ,  Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang Prof.Fasbir H.M Noor Sidin, Manajer Abrofood Efendi, Chef Dede Wahyudi selaku tim juri.

Pewarta : Harsyi Warsilah




TerPopuler