Jadi Desa Wisata, Desa Kampung Gadang Padusunan Bangun Kincir Air

Inilah Kincir Air Yang Dibangun Desa Kampung Gadang Padusunan ( Fhoto : Harsyi Warsilah)

PARIAMAN, BANGUNPIAMAN.COM---Desa Kampung Gadang Padusunan bertekad menjadikan desanya sebagai desa wisata, untuk itulah guna menarik masyarakat bisa berkunjung ke desa tersebut dibangunnya kincir air dengan memanfaatkan dana desa sebesar Rp.205 juta.

"Ide tersebut muncul saat musyawarah perencanaan pembangunan desa dan sekaligus mendukung Pemerintah Kota Pariaman untuk membentuk desa wisata di daerah itu," kata Kepala Desa Kampung Gadang Padusunan Amri Maldi, Sabtu (24/8/2019), di Desa Kampung Gadang Padusunan. 

Ia menyebutkan, dana ratusan juta tersebut digunakan untuk membeli kincir air dari besi senilai Rp80 juta yang kegunaannya tidak saja untuk mengaliri air sawah yang ada di desa itu namun juga untuk menambah daya tarik objek wisata yang sedang dibangun.

Sedangkan Rp125 juta digunakan untuk pembuatan jalan mengelilingi kolam yang nantinya digunakan untuk tempat perahu bebek.

"Namun sekarang lokasi ini belum bisa dibuka untuk umum karena kami fokus untuk mempercantik lokasi dulu. Sebelum objek wisata itu dapat dimanfaatkan pihaknya bekerja sama dengan dinas terkait untuk menggunakan kolam tersebut sebagai mina padi," ulasnya

Sambil mempersiapkan destinasi wisata baru di Kota Pariaman tersebut pihaknya meminta bantuan kepada pemerintah pusat melalui BUMDes untuk membangun keramba ikan. "Nanti di sini kami buat kedai nasi yang spesifik ikan air tawar, wisatawan bisa memilih ikan yang mana mau dimakannya dan kami yang memasaknya," ujarnya.

Dia optimis objek wisata yang sedang dibangun tersebut akan banyak didatangi oleh wisatawan karena selain konsep yang ditawarkan serta lokasi yang mudah diakses yaitu dekat dengan By Pass yang banyak dilintasi pengendara dari Padang-Pasaman Barat.

Pewarta : Harsyi Warsilah
Diberdayakan oleh Blogger.