Diikuti 177 Peserta, Pawai Alegoris Berlangsung Meriah di Kota Pariaman

Diikuti 177 Peserta, Pawai Alegoris Berlangsung Meriah di Kota Pariaman

Senin, 19 Agustus 2019, 19.18.00

PARIAMAN, BANGUNPIAMAN.COM---Pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT-RI RI Ke-74 berlangsung meriah di Kota Pariaman. Kegiatan tersebut dilepas secara resmi Walikota Pariaman Senin (19/08/2019), di halaman Balai Kota Pariaman.

Menurut Walikota Genius Umar, tujuan pawai adalah untuk mengingatkan kembali perjuangan pahlawan untuk merebut kemerdekaan sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.


Genius Umar berharap melalui pawai alegoris ini masyarakat dapat menjadi terinspirasi dan termotivasi untuk melanjutkan kemerdekaan dengan turut menjaga persatuan dan kesatuan  bangsa, dalam mendukung  pembangunan serta bersama dalam memajukan daerah dan bangsa ini.

" Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu demi suksesnya acara ini," ulasnya.

Untuk tahun ini jumlah peserta tetap di bagi dua, yang pertama adalah peserta dengan memakai kendaraan bermotor atau roda empat yang dihias sebanyak 75 peserta yang mengikuti pawai dengan rute start Halaman Kantor Balaikota, Simpang Lapai, Simpang Jati, Simpang Apa, Simpang Kp. Pondok, finish di Pantai Gandoriah.

Sedangkan untuk jumlah peserta pawai dengan berjalan kaki adalah sebanyak 102 peserta dengan rute start dari Halaman Balaikota Pariaman, Simpang Gelombang, Simpang Tabuik, Simpang Kampung Pondok , finish di Pantai Gandoriah.


Pawai Alegoris ini juga dilombakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dengan kategori penilaian dilihat dari kekompakan peserta, keseragaman, dan kedisiplinan dalam berlalu lintas, sedangkan untuk juri yang ditempatkan di tempat-tempat strategis diambil dari Disdikpora, Wartawan, dan TNI Polri.

Acara pelepasan pawai alegoris juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Forkopimda, Dandim, Ketua DPRD Kota Pariaman, Kapolres yang diwakili oleh Wakapolres, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ketua GOW, Kepala OPD dilingkungan pemerintahan Kota Pariaman, dan disaksikan oleh ribuan penonton yang memadati lokasi yang akan dilewati oleh peserta pawai.


Desi/ Harsyi Warsilah

TerPopuler