Shalat Idul Adha di Balaikota, Genius Umar : 17 Tahun Usia Kota Pariaman Telah Sejajar Dengan Kota Lain

Shalat Idul Adha di Balaikota, Genius Umar : 17 Tahun Usia Kota Pariaman Telah Sejajar Dengan Kota Lain

Minggu, 11 Agustus 2019, 18.30.00

PARIAMAN, BANGUNPIAMAN.COM---Ratusan masyarakat Kota Pariaman hadir melaksanakan Shalat Idul Adha 1440H/2019M di halaman Balaikota Pariaman,  Minggu pagi (11/8/2019).

Shalat Idul Adha tersebut dihadiri Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyudin, Pimpinan DPRD beserta anggota, Kepala KantorKemen Agama Kota Pariaman M. Nur, Kepala OPD, Perantau.

Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya mengatakan, 10 dzulhijah 1440 H berjuta - juta kaum muslimin dari segala penjuru dunia terhampar di Padang Arafah menunaikan ibadah haji, rukun islam yang kelima.

Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan yang ditandai dengan syi'ar penyembelihan hewan kurban.

Peristiwa qurban yang setiap tahun dirayakan umat muslim diseluruh penjuru dunia, seharusnya tak lagi dimaknai sebatas proses ritual, tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai - nilai kesabaran dan spirit kemanusiaan.

Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan.

Peristiwa ini harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan, kesabaran dan kepasrahan seorang ibrahim pada titah Sang Pencipta.

Walikota juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Kota Pariaman yang telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, sehingga Kota Pariaman yang berusia 17 th sebagai Kota Otonom telah mampu sejajar dengan kota - kota yang lainnya.

Menurut dia, saat ini di era pemerintahan Genius Mardison kami akan selalu berikan yang terbaik buat masyarakat Kota Pariaman, salah satunya dengan telah menerbitkan Perda LGBT, membangun Pasar Pariaman, memperbaiki Gor Rawang, membangun Mall Pelayanan Publik dan melanjutkan pembangunan Masjid terapung.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 H dimulai tepat pukul 08.00 Wib dengan Imam Sholat Yahya, S.Ag, MM dan Khatib DR.Saidul Amin Dosen Fakultas Usuruddin Universitas Islam Negeri Suska Pekanbaru sekaligus Pimpinan Muhammadiyah wilayah Pekanbaru .

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman M.Nur melaporkan,  Idul Adha 1440 H Tahun 2019 ini Ada 762 ekor hewan sembelihan di Kota Pariaman yang terdiri dari sapi 716 ekor, Kerbau 7 ekor dan Kambing 39 ekor dengan total peserta qorban 5081 orang.

Untuk jemaah Haji Kota Pariaman Tahun 2019 ada 110 orang saat ini telah berada di Mina untuk melakukan lontar jumrah dan semuanya dalam kondisi sehat wal’afiat.

“ 110 orang jamaah Haji Kota Pariaman hari ini dalam kondisi sehat wal’afiat. Semoga kondisi ini terus berlanjut hingga jamaah Haji Kota Pariaman sampai di Kota Pariaman dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur, “ ulasnya.

Pewarta : Harsyi Warsilah




TerPopuler