Wabup Suhatri Bur, Apresiasi Pelaksanaan MTQ-1 Tingkat Nagari Toboh Gadang

Wabup Suhatri Bur, Apresiasi Pelaksanaan MTQ-1 Tingkat Nagari Toboh Gadang

Minggu, 08 September 2019, 08.13.00
Wakil Padang Pariaman Suhatri Bur, Anggota DPRD Sumbar Firdaus, Kabag Kesra Anwar, Pada Pembukaan MTQ Ke-1  Tingkat Nagari Roboh Gadang Kecamatan Suntuk Roboh Gadang ( Fhoto : Humas )

SINTOGA---Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM membuka acara MTQ ke-1 tingkat Nagari Toboh Gadang di Pondok Al Quran Nagari Toboh Gadang, di Toboh Apa, Sabtu (07/09/2019).

Turut hadir dalam acara yang baru pertama kalinya di Nagari Toboh Gadang itu anggota DPRD Sumbar Firdaus, SH.I, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Drs. H. Anwar, M. Si, Sekretaris Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Wali Nagari Toboh Gadang Yasman, Ketua Bamus Nagari Toboh Gadang Drs. Agus Yahsyar Koto, Tokoh masyarakat, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, anggota PKK Nagari Toboh Gadang, Majelis Ta'lim Nagari Toboh Gadang, dan masyarakat Nagari Toboh Gadang.

Wabup Suhatri Bur, memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang ada di Toboh Gadang terutama untuk seluruh panitia yang terlibat dalam acara MTQ ini karena telah berhasil melaksanakan MTQ tingkat nagari.

"Pelaksanaan MTQ ini sangat banyak manfaatnya diantaranya memotivasi anak-anak untuk belajar Al Quran dan memahami agama serta keinginan untuk tampil mewakili kecamatan di tingkat kabupaten," ujarnya.

"Kabupaten Padang Pariaman akan menjadi Kabupaten Smart City tentunya tidak hanya smart tingkat kabupaten saja namun juga harus diikuti oleh kecamatan dan nagarinya," tambahnya.

Mantan Ketua Baznas itu menambahkan, SDM di Kabupaten Padang Pariaman masih banyak diracuni kegiatan yang tidak bermanfaat seperti penggunaan narkoba dan miras oleh sebab itu mari bimbing anak-anak agar bisa cinta membaca Al Quran, mari tingkatkan budaya membaca Al Quran sehingga bisa mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

"Harap kontrol penggunaan gadget yang digunakan oleh anak-anak agar tidak kebablasan, bak kata pepatah sayang ka anak dipatangih sayang ka bini ditingga-tinggai, agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi," hematnya.

Wabup juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Sintuk Toboh Gadang sebagai tuan rumah di MTQ tahun depan agar lebih bekerja keras agar dapat menjadi juara umum di tahun depan.

Pada kesempatan yang sama Wali Nagari Toboh Gadang melaporkan pendanaan acara ini berasal dari anggaran nagari.

"Acara ini dilaksanakan di Pondok Al Quran Nagari dimana tempat ini merupakan tempat belajar mengaji dan agama Islam oleh 60 orang anak didik yang dilaksanakan sekali seminggu yang sudah berjalan sejak 2 tahun yang lalu," ungkapnya.

Wali nagari juga merencanakan Pondok Al Quran ini menjadi tempat pengembangan sumber daya manusia diharapkan agar dapat mempercepat pembangunan fisik Pondok Al Quran ini.

Pelaksanaan MTQ ini memiliki empat cabang yaitu tilawah, tartil, tahfizh dan khat yang diikuti oleh 85 peserta yang tidak hanya dari Nagari Toboh Gadang saja namun terbuka juga untuk umum yang berlangsung hingga 8 September 2019. (rel/Wis)

TerPopuler