Wawako Pariaman Mardison Hadiri City Sanitation Summits ke XII Tahun 2019, di Kota Banjarmasin

Wawako Pariaman Mardison Hadiri City Sanitation Summits ke XII Tahun 2019, di Kota Banjarmasin

Selasa, 24 September 2019, 17.58.00
Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin Bersama Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brojonegoro ( Fhoto : Media Center Pariaman)

BANJARMASIN---Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menghadiri City Sanitation Summits (CSS) Ke XIX Tahun 2019, di Kota Banjarmasin. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 23-25 September 2019.

AKKOPSI sendiri adalah sebuah Aliansi yang menguatkan komitmen dari Kepala Daerah yang ada di seluruh indonesia dalam rangka percepatan sanitasi permukiman di daerahnya masing-masing. Anggota AKKOPSI sendiri adalah Bupati dan Walikota yang peduli sanitasi.

"Kita di Pemerintah Kota Pariaman, sangat komit untuk melaksanakan percepatan Program Percepatan Sanitasi Permukiman (PPSP), sehingga kita saat ini sedang berupaya untuk membuat sanitasi layak bagi warga Kota Pariaman," ujarnya.


Dengan konsep Water Front City, saat ini Kota Pariaman mulai berbenah dalam menyiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk itu, selain yang terpenting tentunya kesadaran dari masyarakat sendiri dalam menerpakan hisup bersih dan sehat.

Pemko Pariaman bersama dengan Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dari Kementerian PUPR, Dirjen Cipta Karya RI, juga bersinergi dengan gerakan 100-0-100, yang artinya 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

"Dengan keterbatasan APBD Kota Pariaman, kita berupaya untuk menggaet dana pusat yang ada di Kementerian, alhamdulillah, saat ini kita mendapatkan program 1000 jamban dari Kementerian PUPR RI, serta program Water Front City yang juga mendapatkan anggaran dari pusat", tukasnya.

Mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini juga mengatakan bahwa Pemko Pariaman selalu berupaya untuk menjaga lingkungan secara berkesinambungan, sehingga masalah sampah, kasus Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan Permukiman kumuh yang ada di Kota Pariaman dapat kita entaskan, sejalan dengan program pemerintah pusat yang ada di Kementerian.

"Dari pemaparan Menteri PPN yang juga Kepala Bappenas RI tadi, kita sudah mulai bisa membuat program yang sejalan dengan RPJMN 2020-2024, sehingga apa yang menjadi prioritas yang ada di pusat," ulasnya.

Menurut Mardison alokasi anggaran yang disediakan, dapat disesuaikan di daerah, sehingga  dapat sejalan dengan kebijakan pusat, yang nantinya akan berimbas kepada bantuan keuangan ke daerah," ungkapnya mengakhiri

Di Tahun 2018 yang lalu, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin juga menghadiri acara serupa,  CSS ke XVIII di Kota Jambi. Turut hadir bersama Wawako Pariaman ini Kepala Dinas PUPR Kota Pariaman, Asrizal, Kepala Dinas Kesehatan, Syahrul dan Kasi Permukiman dan Lingkungan Hidup, Bappeda Kota Pariaman, Dian Hayati.

Rel/Harsyi

TerPopuler