Implementasi Germas di Patamuan, Kadiskes Ajak Masyarakat Berperan Aktif Budayakan Hidup Sehat

Implementasi Germas di Patamuan, Kadiskes Ajak Masyarakat Berperan Aktif Budayakan Hidup Sehat

Rabu, 02 Oktober 2019, 17.52.00
Senam Bersama di halaman Puskesmas Patamuan, Dalam Rangka Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehay ( Fhoto : Humas)

PATAMUAN--- Membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat penting diwujudkan dalam masyarakat. Karena dengan perilaku hidup bersih dan sehat akan melahirkan generasi bangsa Indonesia yang cerdas, berkualitas dan mampu menghadapi tantangan zaman.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman  Drs. H. Yutiardy Rivai, Apt, Rabu (2/10/2019) di Puskesmas Patamuan dalam rangka implementasi Gerakan Masyarakat (Germas)  berperilaku hidup bersih dan sehat di Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman.

Acara dihadiri Kabid Kesmas Dinkes Padang Pariaman Nurhayati, S.SiT, MARS, Kabid P2P Dr. Jasneli MARS), Camat Patamuan, anggota DPRD Padang Pariaman Basir, KUA, wali nagari dan masyarakat Kecamatan Patamuan.

Kepala Dinas Kesehatan Yutiardi Memberikan Sambutan ( Fhoto : Humas)

Menurut Yutiardy,  Kementrian Kesehatan tahun 2016  lalu membuat terobosan atau kebijakan baru dalam bentuk akselarasi program yang sangat mutlak dibutuhkan.  Salah satunya adalah gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat.

“Germas merupakan salah satu kebijakan program prioritas pemerintah di bidang kesehatan. Perilaku sehat meliputi pengetahuan, sikap,  tindakan pro aktif masyarakat untuk memelihara dan mencegah resiko terjadinya penyakit.

Melindungi diri dari ancaman penyakit, serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Tujuannya adalah meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di tatanan rumah tangga,  institusi pendidikan, tempat kerja,  tempat umum dan tatanan fasilitas kesehatan masyarakat,” tutur Yutiardy.

Impelementasi Germas yang dilakukan Patamuan dengan mengadakan rangkaian acara seperti senam bersama, bazar buah, pemeriksaan kesehatan, pelayanan BPJS  dan penandatanganan Komitmen Implementasi Germas.

Camat Patamuan Imran, S.Sos, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan yang sudah ada di Kecamatan Patamuan yang dihadiri masyarakat.

 Camat Patamuan Imran Memberikan Sambutan ( Fhoto : Humas)

Kegiatan Germas Kecamatan ini  satu-satunya dilaksanakan  Kecamatan Patamuan yang sudah berjalan setiap tahun. Hari ini merupakan pelaksanaan kedua.

“Kita patut memberikan apreasiasi kepada Kepala Puskesmas Patamuan Ilyas yang menggerakkan kegiatan ini,” kata Imran. (H/Wis)

TerPopuler