Wabup Suhatri Bur Serahkan Beasiswa Basnaz Kepada 414 Mahasiwa

Wabup Suhatri Bur Serahkan Beasiswa Basnaz Kepada 414 Mahasiwa

Rabu, 16 Oktober 2019, 23.45.00
Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi Kabag Kesra Anwar Serahkan Bantuan Beasiswa Kepada Mahasiswa ( Fhoto : Humas )

Parit Malintang-----Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM menghadiri acara Penyerahan Beasiswa oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk Mahasiswa se-Kabupaten Padang Pariaman Dalam dan Luar Daerah Melalui Program Padang Pariaman Cerdas, Rabu (16/10) di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman.

Wabup Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada para Mahasiswa yang menerima beasiswa Baznas melalui program Padang Pariaman Cerdas ini. "Selamat kepada adik-adik mahasiswa yang telah menerima beasiswa dari Baznas ini".

“Zakat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam yang sudah cukup hisabnya. Orang yang wajib berzakat yaitu orang yang memiliki penghasilan 85 gram emas atau setara dengan uang Rp52 juta setahun. Hal ini menandakan bahwasanya adanya hak orang lain sebanyak 2,5% inilah yang disebut dengan muzaqi yaitu orang-orang yang wajib mengelurakan zakat,” ujarnya melanjutkan sambutan.

Mantan Ketua Baznas Padang Pariaman ini juga menambahkan Padang Pariaman memiliki potensi penyimpanan zakat yang luar biasa, hal ini tercermin dari adanya kesadaran masyarakat untuk membayar zakat dari tahun ke tahun semakin membaik dan semakin berhasil

“Untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengeluarkan zakatnya diharapkan pengurus Baznas selalu beupaya untuk memberikan perhatian terhadap peningkatan dan kesadaran umat dalam berzakat sehingga akan memberikan kontribusi positif terhadap perwujudan kesejahteraan secara umum,” tambahnya.

Wabup juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar tetap menjaga nama baik sebagai mahasiswa karena mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa dan selalu bersikap hormat kepada kedua orang tua dengan selalu rajin belajar serta perangi kegiatan yang tidak bermanfaat.

“Jangan sampai berhenti kuliah karena tidak sanggup membayar uang semester kuliah karena Baznas akan membantu permasalahan ini dan akan ditindaklanjuti, " ulasnya.

Baznas telah menjalin kerjasama dengan mitra-mitra yang ada di Kabupaten Padang Pariaman seperti BUMN dan BUMD. Pemkab Padang Pariaman juga akan merencanakan akan memberantas kebutaaksaraan atau biasa dikatakan pencanangan program wajib belajar 12 tahun.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman Syamsuardi Surma melaporkan jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa sebanyak 427 mahasiswa yang terbagi atas 414 orang mahasiswa dalam daerah menerima  beasiswa sebanyak Rp1 juta per orang.

Sedangkan untuk luar daerah sebanyak 13 orang menerima beasiswa sebanyak Rp 1,5 juta per orang sehingga total pembagian beasiwa secara keseluruhan sebesar Rp433.500.000,-.

“Semoga dana zakat ini dapat dimanfaatkan dengan semestinya serta dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya,” hematnya.

Dalam penyerahan beasiswa ini juga dihadiri oleh Kabag Kesra Drs. Anwar, M.Si, Wakil Ketua Baznas Drs. H. Masrican Tk Maharajo Basa dan Drs. Bahar Kirman. (rel/Wis)

TerPopuler