Dukung Smart City, Kadis Kominfo Padang Pariaman Zahirman Apresiasi Nagari Yang Sudah Memiliki Website

Dukung Smart City, Kadis Kominfo Padang Pariaman Zahirman Apresiasi Nagari Yang Sudah Memiliki Website

Jumat, 08 November 2019, 10.17.00
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman ( Fhoto : Istimewa)

PADANG PARIAMAN----Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman mengapresiasi  nagari yang sudah memiliki  website nagari.

" Salah satu fungsi website nagari adalah sebagai media pelayanan publik. Diantara pelayanan publik yang dapat dilakukan dengan media website adalah pelayanan administrasi untuk pengolahan data dan dan dokumen," kata Zahirman kepada wartawan, Jumat (08/11/2019)

Menurut Zahirman, website nagari juga dapat digunakan untuk penyuluhan kepada masyarakat serta menyampaikan informasi terkini seputar pembangunan nagari yang menggunakan dana desa.

" Dengan mengunjungi website nagari masyarakat dimana pun berada akan bisa melihat potensi yang dimiliki nagari baik jumlah penduduk, luas lahan pertanian serta aktivitas nagari tersebut dari hari ke hari," jelas Zahirman.

Website dibangun dengan tujuan sebagai media pelayanan publik resmi nagari, yang dibangun dan dikelola oleh tim perangkat nagari setempat.

Dengan memanfaatkan website penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

Kemudian juga akan mendukung Kabupaten Padang Pariaman sebagai Kabupaten Pintar dimana kini Padang Pariaman tengah menuju Smart City.

Untuk mendukung nagari yang telah memiliki website Kominfo telah memfasilitasi hosting dan domain dari website tersebut.

" Dari 103 nagari di Padang Pariaman memang belum semua nagari yang diberikan pelatihan website, karena ada nagari yang membuat website secara mandiri," jelasnya.

Namun demikian, tambahnya, Diskominfo akan mengundang seluruh nagari untuk membicarakan implementasi smart nagari, sekaligus juga akan membantu seluruh nagari dalam pembuatan dan pengelolaan website.

Disamping itu juga akan dilakukan sosialisasi jaringan internet dan membantu pemasangan jaringan LAN dan WAN bagi nagari yang belum memiliki akses internet
Target.

" Pada tahun 2020 seluruh nagari telah melaksanakan program smart nagari dan jaringan internetnya terkoneksi. LM
Smart Nagari merupakan quickwin dan program unggulan dalam Masterplan Smart City Padang Pariaman," tambahnya mengakhiri (Wis)

TerPopuler