Jelang Hari Nusantara, Sekjen Kementrian PU Kunjungi Pariaman -->

Jelang Hari Nusantara, Sekjen Kementrian PU Kunjungi Pariaman

Selasa, 26 November 2019, 21.32.00

PARIAMAN---Walikota Pariaman Genius Umar sambut kunjungan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Anita Firmanti Eko Susetyowati dalam rangka persiapan Hari Nusantara Nasional, pada 14 Desember 2019 mendatang yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Rombongan tersebut juga diikuti oleh sejumlah pejabat tinggi di Kementerian PUPR, Perwakilan Lantamal II Teluk Bayur Padang, Jajaran Dinas PUPR Provinsi Sumbar yang disambut di rumah jabatan Wako Pariaman, Selasa (26/11).

Beberapa teknis pelaksanaan acara dipersiapkan dan dikoordinasikan di rumah jabatan Wako Pariman itu, dilanjutkan survey lapangan lokasi yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Hari Nusantara Nasional tahun 2019 di Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

Anita Firmanti Eko Susetyowati ungkapkan peringatan Hari Nusantara merupakan sebuah event yang baik untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara kelautan dan daratan yang tidak terpisahkan.

Secara teknis, Sekjen PUPR itu telah melihat kesiapan Kota Pariaman sebagai tuan rumah pelaksanaan Harnus 2019 mendatang.

" Kementerian PUPR siap untuk mendukung penuh pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman," ujarnya lagi di lokasi saat kunjungan lapangan.

Ia menjelaskan, untuk mendukung terlaksananya acara tersebut, beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur dan perumahan yang telah dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.000 unit untuk masyarakat Kota Pariaman.

Bantuan Program BSPS tersebut dilaksanakan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat yang tersebar di empat kecamatan di Kota Pariaman. Setiap unit rumah yang mendapatkan dana BSPS sebesar Rp 17,5 juta dimana Rp 15 juta diberikan dalam bentuk bahan material dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang bangunan.

Selain itu ada juga pembangunan penahan ombak di sekitar Pantai Gandariah yang akan dijadikan lokasi pusat Peringatan Hari Nusantara.

Dalam mendampingi Sekjen PUPR, Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan bahwa Peringatan Hari Nusantara dapat menjadi momentum bagi Provinsi Sumatera Barat dan Kota Pariaman pada khususnya untuk menyampaikan program pembangunan di Sumatera Barat.

Adanya bantuan bedah rumah sebanyak 1.000 unit dari Kementerian PUPR, sambungnya, tentu sangat membantu masyarakat Kota Pariaman agar bisa memiliki rumah yang layak huni, seperti rumah untuk nelayan Kota Pariaman yang terletak di Kelurahan Karan Aur. Program BSPS sampai saat ini masih dibutuhkan mengingat masih banyak rumah yang tidak layak huni di Pariaman.

Genius ucapkan terimakasih kepada Sekjen PUPR atas terpilihnya Kota Pariaman sebagai tuan rumah pelaksanaan acara Hari Nusantara tahun 2019 ini.

Semoga, kata Genius lagi, Kota Pariaman akan banyak mendapatkan rahmat dan nikmat dari Allah SWT dengan makin terjalin kuatnya hubungan antara Pemko Pariaman dan Pemerintah Pusat di Jakarta.

Tak lupa, kawasan Pasar Pariaman yang akan segera dilakukan peletakkan batu pertamanya pada 14 Desember 2019 itu oleh Presiden RI, dan kawasan konservasi mangrove-pun tak luput dari peninjauan lapangan tersebut.

Kunjungan di akhiri dengan jamuan makan siang bersama di Balairung rumah jabatan Walikota Pariaman.(P/Harsyi)



--
Kirim dari Fast Notepad

TerPopuler