Wabup Suhatri Bur : Bamus Berperan Sangat Vital Dalam Membuat Program-Program Nagari. -->

Wabup Suhatri Bur : Bamus Berperan Sangat Vital Dalam Membuat Program-Program Nagari.

Senin, 09 Desember 2019, 12.21.00
Wabup Suhatri Bur, Senin (09/12/2019) membuka Pelatihan Bamus Nagari dengan tema Penguatan Kelembagaan Bamus Nagari, di Hall Saiyo Sakato, Pariaman. Fhoto : Humas

PADANG PARIAMAN--Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur meminta Badan Musyawarah Nagari ( Bamus) berperan dalam pembangunan nagari.

Peran Bamus sangat diperlukan dalam pembangunan nagari seperti dalam penandatanganan APBNagari.

"Bamus mempunyai peran yang sangat vital dalam pembuatan program-program di nagari juga mempunyai peran sebagai pengawas dalam menjalankan roda pemerintahan dalam pelaksanaan tugas Wali Nagari," kata Wabup, Senin (09/12/2019), ketika membuka Pelatihan Bamus Nagari dengan tema Penguatan Kelembagaan Bamus Nagari, di Hall Saiyo Sakato, Pariaman.

Bamus, ulas Wabup, harus dapat menjalin hubungan harmonis dengan wali nagari karena dalam menjalankan perannya Bamus tidak akan terlepas dari pemerintahan karena setiap pelaksanaan tugasnya Bamus akan sering berkoordinasi dengan Nagari.

" Bamus merupakan perpanjangan tangan dari masyarakat ke pemerintah dalam menyampaikan aspirasi masyarakat. Kemudian Bamus juga sangat berperan dalam pembuatan kebijakan di Nagari seperti pemanfaatan dana Nagari dengan semestinya," ulasnya.

Wabup meminta kepada Bamus jangan hanya fokus ke pembangunan fisik namun juga fokus terhadap pengembangan sumber daya manusia.

Demi kebaikan dan kemajuan nagari tersebut serta jalankanlah peran Bamus dengan semestinya agar dapat menjadikan Nagari yang lebih baik dan sejahtera Dan semoga pelatihan ini memberikan manfaat demi kemajuan nagari.

Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Erman, S.Sos, M.M., Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa Dion Franata, S.STP, Tenaga Ahli selaku narasumber Yulinus, dan 221 Bamus se Kabupaten Padang Pariaman. (rel/Wis)


TerPopuler