Jelang Pelantikan Panwaslu Nagari, Bawaslu Padang Pariaman Bekali Ketua Panwascam dan Kepala Sekretariat

Jelang Pelantikan Panwaslu Nagari, Bawaslu Padang Pariaman Bekali Ketua Panwascam dan Kepala Sekretariat

Kamis, 12 Maret 2020, 14.19.00
Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq di dampingi Koordinator Sekretariat Ir.Akhiruddin Memberikan Pengarahan Jelang Pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa/Nagari. Fhoto : Darwisman

LUBUK ALUNG--Kalau tidak ada aral melintang sebanyak 103 pengawas pemilu desa/kelurahan/nagari se Kabupaten Padang Pariaman akan dilantik Jumat 13 Maret 2020.

" Pelantikan akan dilakukan langsung oleh Ketua Panwascam pada 17 kecamatan di Padang Pariaman dimasing-masing kecamatan," kata Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq (12/03/2020), disela-sela Bimtek Persiapan Pelantikan dan Pembuatan Laporan Akhir, di Hotel Minang Jaya Lubuk Alung.

Menurut Anton, bimbingan teknis ini digelar agar Ketua Panwascam yang dapat melakukan pelantikan sesuai dengan juknis dan petunjuk yang dikeluarkan Bawaslu.

" Pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa/Nagari tersebut harus diawali dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Mars Bawaslu," ulas Anton menegaskan.

Sementara yang membacakan Surat Keputusan Ketua Panwascam harus dilaksanakan oleh Kepala Sekretariat Panwascam kalau berhalangan bisa digantikan Bendahara Panwascam," tambah.

Setelah pelantikan, tambah Anton, maka Panwascam diwajibkan membuat laporan akhir rekrutmen Panwas Kelurahan/Desa/Nagari.

" Laporan akhir ini menggambarkan proses rekrutmen yang dimulai dari pengumuman, pendaftaran, ujian wawancara serta diakhiri dengan pelantikan," tambah Anton lagi.

Sedangkan Koordinator Sekretariat Bawaslu Padang Pariaman Ir.Akhiruddin menyebutkan, pelantikan akan dilakukan serentak pada 17 kecamatan pada tanggal 13 Maret 2020.

" Memang mendesak sehingga Panwascam harus segera mempersiapkan pelantikan itu dalam waktu yang singkat. Tapi saya optimis Panwascam se Padang Pariaman akan bisa melaksanakannya sesuai jadwal. Kita sudah siapkan anggaran untuk pelantikan itu," jelas Akhiruddin.

Bimbingan Teknis tersebut diikuti Ketua dan Staf SDM serta Kepala Sekretariat Panwascam se Padang Pariaman. (Wis)

TerPopuler