Kapolda Sumbar Tinjau Kesiapan Pariaman Masuki Fase New Normal


PARIAMAN--Kapolda Provinsi Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, tinjau kesiapan Pariwisata Kota Pariaman memasuki fase "New Normal", yang mulai diberlakukan besok untuk daerah Sumbar dan Kota Pariaman.

Rombongan Kapolda datang bersama dengan jajaran Polda Sumbar dengan menggunakan Sepeda, dimana mereka gowes dari Kota Padang ke Kota Pariaman.

Kedatangan rombongan Kapolda ini disambut langsung oeh Walikota Pariaman, Genius Umar di batas kota, jembatan Sunur, Kecamatan Pariaman Selatan, dan ikut bersepeda sampai ke Pantai Gandoriah, Minggu (7/6/2020).

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto sebut, untuk Sumatera Barat, Polda Sumbar beserta jajaran siap mendukung penuh skenario New Normal, dengan tujuan memberi ruang aktifitas roda perekonomian, dengan tujuan bangkit kembali.

"Kita mendukung sepenuhnya kebijakan pak presiden dengan konsep "New Normal", karena setelah ditutup selama wabah Covid-19 dan pemberlakukan PSBB, aktifitas roda perekonomian harus kembali berjalan. Di Kota Pariaman ini sebagai daerah tujuan wisata dan pergerakan ekonomi, saya rasa cukup siap untuk memasuki New Normal nanti," ujarnya.

Jenderal Polisi Bintang Dua ini juga menyebut,  Polda Sumbar siap kerahkan 6.000 orang lebih personel, untuk mengawal skenario New Normal nantinya, karena kita menyadari, wabah virus corona ini masih cukup tinggi untuk Provinsi Sumbar, dan kita akan menertibkan dan mendisiplinkan protokol kesehatan yang sudah ditetepkan pemerintah, ulasnya.

"Seperti arahan Pemerintah pusat, dimana mereka akan melaksanakan skenario New Normal untuk 4 daerah percontohan, dimana beberapa daerah tersebut adalah : Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Gorontalo," tuturnya.

Sementara itu Walikota Pariaman Genius Umar yang juga didamping Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Mulyadi, Sekretaris LKAAM Kota Pariaman, Priyaldi, Kepala OPD, Kabag dan Camat yang turut bersepeda, mengapresiasi atas kegiatan gowes yang rombongan Kapolda Sumbar lakukan dengan memilih Kota Pariaman sebagai daerah tujuanya.

"Kita mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada pak Kapolda dan jajaran Polda Sumbar yang datang dengan bersepeda ke Kota Pariaman, hal ini membuktikan bahwa Kota Pariaman dengan visi Pariwisatanya memang menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke Kota yang terkenal dengan kulinernya yang enak sekali ini," ungkapnya.

Genius juga mengatakan bahwa beberapa hari sebelumnya (jum'at), Danrem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Arif Gajah Mada beserta jajaranya juga melaksanakan Gowes dari Kota Padang ke Kota Pariaman serta menikmati beberapa destinasi wisata pantai yang ada di Kota Pariaman.

"Dengan Visi "Pariaman Kota wisata, perdagangan, jasa yang religius dan berbudaya", kita akan terus menjadikan Kota Pariaman sebagai tujuan wisata, agar ramai orang untuk berkunjung kesini, dan Kota Pariaman menyatakan siap untuk menerapkan New Normal yang akan dimulai besok oleh bapak Gubernur Sumbar," tutupnya.


Memasuki Fase New Normal nanti, Kota Pariaman akan mulai membuka aktivitas keagamaan di Mesjid/Musholla/Surau, aktifitas kerja di perkantoran, aktifitas pasar/pusat pertokoan.

Aktifitas pariwisata, aktifitas hotel, aktifitas pekerjaan konstruksi, aktivitas sosial budaya, aktivitas rumah makan/kuliner, aktifitas angkutan umum.

Aktifitas belajar di lingkungan sekolah, aktifitas berkendara baik mobil dan sepeda motor serta pembuatan Posko di perbatasan dan Pos Pantau di setiap Kecamatan nantinya.

"Walaupun semua sudah kita buka, tetapi kita mesti tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti dengan kewajiban memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta tetap menjaga jarak aman atau Phisycal Distancing," tutup Genius. (rel/harsy)
Diberdayakan oleh Blogger.