Salurkan BLT Dana Desa di III Koto Aur Malintang, Bupati Ali Mukhni Dukung Pembangunan Infrastruktur

Salurkan BLT Dana Desa di III Koto Aur Malintang, Bupati Ali Mukhni Dukung Pembangunan Infrastruktur

Rabu, 24 Juni 2020, 18.53.00

Aur Malintang- Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Keluarga Miskin Terdampak Covid-19 untuk masyarakat Nagari III Koto Aur Malintang pada Rabu (24/06) di Aula Kantor Wali Nagari III Koto Aur Malintang.

Dalam sambutannya Bupati Padang Pariaman mengatakan dari 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman Nagari III Koto Aur Malintang merupakan Nagari ketiga yang telah menyelesaikan penyaluran BLT ini hingga tahap ketiga.

"Kami memberikan apresiasi kepada Wali Nagari III Aur Koto Aur Malintang karena penyerahan BLT diberikan langsung kepada ibuk-ibuk sehingga bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan semestinya serta nagari ini bergerak cepat dalam penyaluran BLT ini semoga ini dapat dijadikan barometer percontohan bagi Nagari lainnya di Kabupaten Padang Pariaman," tambahnya

Ia juga menambahkan terkait pembangunan infrastruktur Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan mendukung seluruh inovasi dan pembangunan yang akan dilakukan oleh Nagari III Koto Aur Malintang seperti pembangunan irigasi dan pariwisata Bukik Bulek sehingga diminta kepada seluruh pejabat terkait agar menyiapkan proposal sehingga dapat dibantu dengan menggunakan dana APBD

Pada akhir sambutannya Bupati tidak bosannya mengingatkan kepada masayarakat agar selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun, selalu menggunakan masker dan tetap menjaga jarak dalam keramaian untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

BLT dana desa ini disalurkan kepada 160 KK untuk tahap dua dan tiga sekaligus dimana masing-masing masyarakat menerima sebesar 1.200.000 rupiah.

Pada kesempatan yang sama Ketua Bamus Ediyos dalam sambutannya mengatakan bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi Covid-19.

"Seperti yang kita ketahui bahwasanya Covid-19 tidak hanya melanda Kabupaten Padang Pariaman saja namun seluruh dunia merasakan wabah Covid-19 sehingga diperlukan kerjasama seluruh pihak untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,"terangnya

Ia juga mengajak agar seluruh masyarakat III Koto Aur Malintang mengikuti aturan yang diterapkan oleh pemerintah dalam rangka mendukung pemutusan rantai penyebaran Covid-19 sehingga dapat beraktifitas normal kembali.

Pembagian BLT ini tetap dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Kementrian Kesehatan dimana semua masyarakat yang hadir tetap menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Senada dengan itu Wali Nagari III Koto Aur Malintang Azwar Mardin dalam sambutannya menuturkan penyaluran bantuan ini merupakan tahap dua dan tiga sehingga masyarakat menerima sebesar 1.200.000 dan diterima oleh 160 KK. Selama masa pandemi ini tidak ada korban Covid-19 yang berasal dari Nagari III Koto Aur Malintang dan perangkat Nagari juga sudah menghimbau agar para perantau tidak pulang kampung terlebih dahulu.

"Bukik bulek pada saat ini telah menjadi icon pariwisata bagi Nagari III Koto Amal serta Kami di Nagari juga telah meningkatkan pelayanan dengan membuat aplikasi smart nagari yang diberi nama Sipena Online dimana aplikasi tersebut akan memudahkan masyarakat dalam urusan administrasi maupun penyampaian kendala lainnya," katanya

Ia juga menambahkan saat ini penggarapan Bukik Bulek telah berjalan sebesar 30 persen yang pembangunannya dianggarkan melalui APBNagari dan akan diselesaikan secepatnya.

Ia juga berharap agar inovasi yang dilahirkan oleh Nagari III Koto Aur Malintang sejalan dengan inovasi yang dilahirkan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

"Pergunakanlah bantuan ini dapat digunakan dengan semestinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meringankan beban masyakarakat selama wabah Covid-19 terjadi,"tutupnya

Penyaluran BLT Dana Desa ini didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Erman, Camat IV Koto Aur Malintang Syukur, Wali Nagari III Koto Aur Malintang Azwar Mardin, dan Bamus III Koto Aur Malintang Ediyos. (RHPP)

TerPopuler