Anggota DPD RI Emma Yohanna sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Ujung Gading Pasbar


PASAMAN BARAT---- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Hj. Emma Yohanna menyosialisasikan empat pilar kebangsaan MPR - RI di Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (29/07/2020)

Sosialisasi itu diikuti sebanyak 300 orang yang terdiri dari pemuda,Ikatan mahasiswa muhamadiyah, mahasiswa dan guru Asyiyah tepatnya di Jorong Kuamang Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Menurut Hj. Emma Yohanna, empat pilar MPR-RI  terdiri dari Pancasila sebagai dasar ideologi negara, Undang- Undang Dasar tahun 1945 sebagai konsitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika  sebagai semboyan negara.

Ia menyebutkan melalui sosialisasi ini diharapkan generasi muda harus  mengerti dan memahami keempat pilar itu.

Sebab, pemuda adalah sebagai  generasi yang punya tanggung jawab  yang akan melanjutkan tongkat estafet bangsa ini.

Ia berharap, kepada peserta setelah sosialisasi ini dapat pula menyosialisasikan ketengah masyarakat supaya masyarakat memahami dan tidak melupakan empat pilar bangsa itu.

"Mari kita bangun negeri kita  ini supaya masyarakat harus lebih hidup sejahtera dimasa mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Nagari Persiapan Kuamang Alai, Rahmat Hidayaturlah mengucapkan terimakasih kepada anggota DPD -RI Hj. Emma Yohanna dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Ia berharap sosialisasi ini dapat menjadi ilmu bagi masyarakat agar tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan untuk merajut UUD-45.

Salah satu pemuda peserta sosialisasi, Insar menyampaikan kegiatan sosialsiasi empat pilar kebangsaan sangat tepat diselengarakan. 

Ia menilai saat ini banyak kalangan pemuda belum memahami dan  mengetahui apa itu empat pilar kebangsaan dalam hal berbangsa, bertanah air dan juga aplikasi di tengah masyarakat 

Ia berharap, kegiatan yang diberikan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang empat pilar kebangsaan itu.

"Jadikan empat pilar itu sebagai alat pemersatu anak bangsa mulai dari segi kultur agama maupun budaya yang ada di NKRI ini," katanya.

Sosialisasi tersebut di hadiri Walinagari Ujung Gading, Camat Lembah Melintang yang diwakili Kasi Pemerintahan Walinagari Ujung Gading. Acara itu diikuti para pemuda, mahasiswa dan unsur Muspika Kecamatan Lebah Melintang. 

Pada acara sosialisasi itu juga menghadirkan narasumber, Kasmanedi yang memberikan materi seputar empat pilar kebangsaan.

Ia menilai apa yang dilakukan anggota DPD-RI sangat tepat dalam upaya mengingat kembali makna empat pilar kebangsaan itu.

"Dalam empat pilar itu sudah jelas makna di dalamnya. Jika semua kita melaksanakan atau mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari maka akan menciptakan kehidupan yang aman dan tentram," sebutnya.

(Robi Irwan)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.