Tinjau Pembangunan RSUD Ujung Gading, Begini Kata Bupati Pasbar Yulianto -->

Tinjau Pembangunan RSUD Ujung Gading, Begini Kata Bupati Pasbar Yulianto

Rabu, 08 Juli 2020, 12.39.00

PASAMAN BARAT---Bupati Pasbar H.Yulianto tinjau RSUD Ujung Gading sampai dimana proses pembangunan yang telah direalisasikan sekaligus melihat struktur bangunan yang telah siap dengan harapan di tahun depan sudah bisa beroperasi secepatnya.

Dalam kunjungan tersebut turut dihadiri Bupati Pasbar H.Yulianto, asisten II Irwan, Kepala Dinas PU henny, kepala Dinas Kesehatan Jhon Hardi, Camat Ujung Gading Afwan dan Staf RSUD di Kecamatan Lembah Melintang, Ujung Gading, Selasa (7/7/2020).

Bupati Pasbar H.Yulianto menyampaikan, bahwa RSUD Ujung Gading masih ada bebera item yang harus di penuhi persyaratannya yaitu beberapa peralatan medis dan non medis masih kurang di antaranya ICU, peralatam loundry, peralatan gizi dan peralatan lainnya untuk mendapatkan sertifikat layak fungsi.

Ia mengatakan, bahwa keinginan kita RSUD Ujung Gading agar cepat di fungsikan untuk masyarakat kita maupun yang dari utara tidak lagi jauh merujuk menuju RSUD Jambak.

"Bangunan yang sudah mulai bagus sayang sekali kalau tidak di fungsikan dan saat ini Kabupaten Pasaman barat masih membutuhkan Rumah Sakit yang lain karena hanya ada 2 RSUD  Jambak dan Yarsi "Ibnu Sina" Simpang Empat," kata Yulianto

Disampaikan, bahwa anggaran Pembangunan RSUD tahun 2018 mencapai 24,5 Milyar dengan pelaksana PT. Tasia total persada yang proses pembangunan.Peralatan alkes 17,5 Milyar tahun 2018 dengan sumber dana DAK di tahun 2018. Di tahun 2019 untuk  1,7 Milyar untuk angaran lanscap.

" Pemerintah daerah (Pemda) telah mengalokasikan APBD di tahun 2021 untuk operasional pengadaan peralatan medis dan non medis yang dibutuhkan, sehingga tahun depan sudah bisa di penuhi harapan masyarakat," ungkap Yulianto

Kemudian, Jhon Hardi menjelaskan, Bahwa saat ini izin operasional belum keluar karena salah satu persyaratannya yaitu sertifkat layak fungsi belum ada.

Menurut permenkes 56 tahun 2014 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit.Dimana untuk persyaratan izin rumah sakit di wajibkan memiliki serifikat layak fungsi tersebut.

" Semoga di tahun 2021 RSUD Ujung gading bisa di rasakan manfaatnya bagi masayarakat Pasbar terutama yang bagian wilayah Utara, Kecamatan Ranah Batahan, Kecamatan Sungai Beremas dan Kecamatan Lembah Melintang tidak lagi terkendala aset perjalanan yang jauh," harapnya

(Robi Irwan)

TerPopuler